PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN SERTA IMPLIKASINYA PADA PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA PALEMBANG

Abu, Mansyur (2021) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN SERTA IMPLIKASINYA PADA PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA PALEMBANG. Doctoral thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover Baru 1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 Baru 10-10-2021.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Baru.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran PAI merupakan proses penting bagi peserta didik, khususnya pada Sekolah Dasar, karena pada tingkatan pendidikan formal ini, pendidikan agama akan menjadi landasan bagi dan yang menentukan pengetahuan, pema-haman, pengalaman agama bagi peserta didik dalam kehidupan mereka sehari-hari, dan fondasi untuk jenjang pendidikan di atasnya. Terdapat 2 (dua) variabel penting dalam penelitian ini, yaitu kompetensi profesional guru PAI dan iklim sekolah (sebagai variabel independen), kualitas proses pembelajaran PAI (sebagai variabel intervening), yang diperkirakan berpengaruh secara dominan terhadap prestasi belajar PAI peserta didik (sebagai variabel dependen) di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk; pertama, mengetahui secara implisit kondisi empirik kompetensi profesional guru PAI (X1), iklim sekolah (X2), kualitas proses pembelajaran PAI (X3), dan prestasi belajar PAI peserta didik (Y). Kedua, mengetahui secara eksplisit pengaruh kausal antar variabel secara parsial dan bersama-sama, antara variabel independen X1 dan X2, variabel intervening X3, dan variabel de-penden Y. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Total populasi berjumlah 248 SDN, 9 (sembilan) buah SD dijadikan sebagai sampel Tryout dan 25 buah SD (10%) untuk sampel real penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified simple random sampling pada kelas IV-VI dengan 3 (peserta didik) pada masing kelas (9 peserta didik untuk setiap SD), dan total responden sejumlah 225 orang. Data yang terkumpul melalui skala yang telah teruji validitas dan realibilitasnya, melalui uji homogenitas, linieritas dan homogenitas, selanjutnya dianalisis dengan teknik regresi linier dan analisis jalur. Penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu; pertama, teknik analisis deskriptif guna memperoleh simpulan untuk setiap variabel; menggunakan ana-lisis statistik (kuantitatif) dengan aplikasi SPSS 24 untuk menarik simpulan pengaruh kausal antar variabel yang diestimasikan. Terdapat dua temuan dalam penelitian ini, pertama, data deskriptif menun-jukkan bahwa kompetensi profesional guru PAI (X1) dalam keadaan kurang baik dan baru mengarah kepada kategori baik, sedangkan keadaan variabel iklim sekolah (X2), kualitas proses pembelajaran PAI (X3), dan prestasi belajar PAI para peserta didik (Y) dinyatakan dalam keadaan kurang kondusif/kurang baik/rendah. Kedua, data kausal statistik, menunjukkan semua bentuk pengaruh antar variabel dalam peneltian ini (X1 terhadap X3 dan Y, X2 terhadap X3 dan Y, X1 dan X2 terhadap X3 dan Y, X1, X2 dan X3 terhadap Y, dan X3 terhadap Y) semuanya dinyatakan positif. Secara umum, penelitian ini menemukan bahwa rendahnya prestasi belajar PAI peserta didik pada SD-SD Negeri di Palembang adalah disebabkan/dipengaruhi oleh akumulasi kurang baiknya kompetensi profesional guru PAI, kurang baik keadaan iklim sekolah, dan kurang baiknya kualitas proses pembelajaran PAI, baik pengaruh secara parsial (terpisah), dan terlebih lagi pengaruh secara secara bersama. iii Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, kompetensi profesional guru, iklim

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (S3)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 08 Sep 2022 09:40
Last Modified: 08 Sep 2022 09:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22344

Actions (login required)

View Item View Item