Pemasaran Politik Partai Demokrat Pada Pemilihan legislatif Tahun 2019 di Kota Palembang

Prasetyo, Yusup Igo (2022) Pemasaran Politik Partai Demokrat Pada Pemilihan legislatif Tahun 2019 di Kota Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
Bab I Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
Bab II Kajian Kepustakaan Yang Relevan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III Gambaran Umum Lokasi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan Partai Demokrat Kota Palembang dalam memenangkan pemilihan legislatif tahun 2019 tidak terlepas dari adanya strategi untuk mendapatkan suara dari masyarakat. Meskipun sempat mengalami penurunan perolehan suara pada pemilu tahun 2014, Partai Demokrat Kota Palembang kembali bangkit dan mendapatkan kenaikan perolehan suara yang cukup signifikan pada pemilu tahun 2019. Dengan perolehan sebesar 156.504 suara, membuat Partai Demokrat mendapat 9 kursi legislatif di Kota Palembang. Tentunya terdapat strategi marketing politik yang dilakukan Partai Demokrat Kota Palembang sehingga bisa mendapatkan perolehan suara terbanyak pada pemilu tahun 2019. Oleh karena itulah, penelitian ini bertujuan untuk mencari tau pemasaran politik yang dilakukan oleh Partai Demokrat Kota Palembang pada pemilihan legislatif tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan memakai tiga metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah bauran 4p dalam pemasaran politik yang terdiri dari Product, Promotion, Place, dan Price. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya dalam proses pemasaran politik Partai Demokrat Kota Palembang menjangkau semua golongan masyarakat. Produk yang ditawarkan berupa ideologi partai, program-program partai serta kader-kader unggulan. Promosi menggunakan dua cara, yaitu secara langsung dan menggunakan media. Harga politik yang dikeluarkan meliputi semua dana pada saat kampanye dan sumber daya dari para kader-kadernya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Politik, Partai Demokrat, Pemilu 2019
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: YUSUP IGO PRASETYO
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:42
Last Modified: 09 Sep 2022 06:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22352

Actions (login required)

View Item View Item