KOMUNIKASI POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA TERUSAN DALAM KECAMATAN SUMBER MARGA TELANG KABUPATEN BANYUASIN (Studi atas Terpilihnya Dedi Ardiansyah)

Astuti, Enisa Dewi (2022) KOMUNIKASI POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA TERUSAN DALAM KECAMATAN SUMBER MARGA TELANG KABUPATEN BANYUASIN (Studi atas Terpilihnya Dedi Ardiansyah). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Enisa Dewi Astuti 1657020037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Komunikasi Politik Dalam Pemilihan Kepala Desa di Desa Terusan Dalam Kecamatan Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin”. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana Komunikasi Politik Dedi Ardiansyah dalam Pemilihan Kepala Desa di Desa Terusan Dalam dan Untuk mengetahui Faktor-faktor pendukung dan penghambat Dedi Ardiansyah dalam melakukan komunikasi politik pada saat Pemilihan Kepala Desa. Teori yang digunakan ialah Teori Komunikasi Politik dari Harold D.Lasswell. Tipe penelitian ini adalah deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Adapun objek dari penelitian ini adalah Dedi Ardiasnyah sebagai Kepala Desa Terusan Dalam dan beberapa warga. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi data yang diperoleh dan di analisis secara teliti. Hasil penelitian ini adalah Dedi Ardiansyah melakukan komunikasi pendekatan diri dengan masyarakat, Pada saat pemilihan Kepala Desa Dedi Ardiasnyah dibantu oleh tim sukses untuk menyampaikan pesan politiknya, Menyampaikan pesan politik ke masyarakat berupa program-program yang bersumber dari visi misi, Dedi Ardiansyah dalam mengkampanyekan pesan politiknya kepada masyarakat desa menggunakan media langsung dan tidak langsung. Untuk media langsung Dedi Ardiansyah melakukan kunjungan kerumah-rumah warga dan untuk media tidak langsung menggunakan media facebook, Efek yang ditimbulkan dalam komunikasi politik Pilkades, Warga Desa Terusan Dalam memilih Dedi Ardiansyah sebagai Kepala Desa Terusan Dalam yang mana memperoleh suara tertinggi. Kemenangan Dedi Ardiansyah disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor pendukung yaitu disebabkan oleh sosok figur dari Dedi Ardiansyah itu sendiri dan tim kemenangan, dan visi-misinya. Faktor penghambat Dedi Ardiasnyah pada saat pilkades yaitu faktor latar belakang masyarakat dan finansial. Kata Kunci : komunikasi, Politik, Pilkades (Pemilihan Kepala Desa)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:05
Last Modified: 12 Sep 2022 04:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22420

Actions (login required)

View Item View Item