PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 06 LUBUK KELIAT

ANISA, ANISA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 06 LUBUK KELIAT. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
ANISA 1830201115 SKRIPSI FIX FDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Rumusan masalah pada judul skripsi ini yaitu bagaimana kreativitas siswa sebelum diterapkan model pembelajaran mind mapping di kelas V SDN 06 Lubuk Keliat dan rumusan masalah yang ke dua bagaimana kreativitas siswa sesudah diterapkan model pembelajaran mind mapping di kelas V SDN 06 Lubuk Keliat dan rumusan masalah yang terakhir apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas peserta didik di SDN 06 Lubuk Keliat metode yang digunakan adalah metode penelitian one group pretest-posttest design, yaitu pola yang menggunakan hanya satu kelompok. pola ini dikenal pula sebagai pola “sebelum dan sesudah”. pengumpulan data dilakukan dengan cara test, angket,observasi,dan dokumentasi. subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 06 Lubuk Keliat dengan jumlah siswa 34 peserta didik. Dari hasil penelitian, Kreativitas siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Mind Mapping ini dapat dilihat dari perhitungan rata-rata ( mean) kreativitas siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Mind Mapping memiliki nilai kategori tinggi sebesar 42 dengan persentase 11,76% dan nilai kategori rendah 22 kebawah dengan persentase 14,70%. Kreativitas siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping ini dapat dilihat dari perhitungan rata-rata ( mean) kreativitas siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping memiliki nilai kategori tinggi sebesar 91 dengan persentase 82,36% dan nilai kategori rendah 75 kebawah dengan persentase 8,82%. diketahui bahwa sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, karena Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05, maka disimpulkan bahwa HO, ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas peserta didik. Kata Kunci : Mind Mapping Dan Kreativitas Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Mind mapping dan kreativitas peserta didik
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ANISA
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:42
Last Modified: 15 Sep 2022 01:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22480

Actions (login required)

View Item View Item