STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG PERLENGKAPAN SOUVENIR HAJI DAN UMRAH PALEMBANG DI MASA PANDEMI COVID-19

LUSIA, NANDRA EVA (2022) STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG PERLENGKAPAN SOUVENIR HAJI DAN UMRAH PALEMBANG DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Skripsi BAB I-V Nandra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)

Abstract

Abstrak Strategi Bertahan Pedagang Perlengkapan Souvenir Haji dan Umrah Palembang di Masa Pandemi Covid-19 Nandra Eva Lusia (1730602208) Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada sektor yang mendukung kegiatan ibadah haji dan umrah. Seperti keluarnya Keputusan Kementerian Agama No. 494 tahun 2020 tentang pembatalan keberangkatan ibadah haji. Hal ini menyebabkan prnghasilan dari penjualan souvenir haji dan umrah menurun karena turunnya daya beli konsumen. Oleh sebab itu para pedagang perlengkapan souvenir haji dan umrah harus berpikir keras dalam memilih cara untuk bisa mempertahankan usahanya. Permasalahan ini bergantung pada strategi yang mereka buat dan mereka pilih agar usaha yang mereka bangun tetap berjalan. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah eksploratif-kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pedagang perlengkapan souvenir haji dan umrah kota Palembang. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer. Untuk tahapan teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan analisis isi (Analysis Content), lalu reduksi data, kemudian penyajian data, dan yang terakhir kesimpulan. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan pada tiga toko yang menjadi sempel yaitu toko Barokah, toko Kurnia Jaya, dan toko Asia. Mereka melakukan strategi bertahan yang berbeda-beda. Toko Barokah dan toko Asia masih menggunakan penjualan offline, namun kedua toko ini memperluas produk yang dijual yaitu toko Barokah menjual barang umum seperti baju koko, sajadah, tasbih, peci, dan barang umum lainnya. Kalau Toko Asia menjual kain songket dan juga herbal-herbal. Sedangkan toko Kurnia Jaya lebih responsif dan mampu beradaptasi dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, dan Tokopedia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa toko Kurnia Jaya lebih responsif dan mampu beradaptasi dengan kondisi ditunjukan dengan jumlah penurunan pendapatan yang lebih kecil dibandingkan kedua toko lainnya. Kata kunci: Pandemi Covid-19, Haji dan Umrah, Responsif, Strategi bertahan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19, Haji dan Umrah, Responsif, Strategi bertahan
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Nandra Eva Lusia
Date Deposited: 15 Sep 2022 05:09
Last Modified: 15 Sep 2022 05:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22508

Actions (login required)

View Item View Item