PERAN ORGANISASI MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA (Studi Pada HMI Komisariat FISIP UIN Raden Fatah Palembang)

AZHARI, UJANG (2022) PERAN ORGANISASI MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA (Studi Pada HMI Komisariat FISIP UIN Raden Fatah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
UJANG AZHARI 1657020129.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Organisasi Mahasiswa merupakan bentuk kegiatan diperguruan tinggi yang di selenggarakan dengan prinsip dari, oleh dan untuk mahasiswa. Organisasi tersebut merupakan wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa kearah perluasan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan, serta integritas kepribadian mahasiswa untuk tujuan tinggi. Penelitian ini membahas tentang Peran Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam dalam meningkatkan kemampuan kepemimpinan Mahasiswa FISIP UIN Raden Fatah Palembang. Judul ini dianggap penting mengingat Peran Organisasi dalam membentuk dan membina mahasiswa yang memiliki kemampuan kepemimpinan guna menghadapi tantangan zaman yang sangat moderen ini yang terus di rendung persoalan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui program dan kiprah Himpunan Mahasiswa Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan Mahasiswa di FISIP UIN Raden Fatah Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data primer dengan cara wawancara dan metode dokumentasi untuk memperoleh data sekunder yaitu dengan buku-buku dan literature yang terkait. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keberadaan HMI sangat penting bagi mahasiswa terdiri atas dua hal. Pertama Peran HMI dapat menjadi wadah/proses pembentukan kepemimpinan yang ideal menurut agama dan Negara. Dan yang kedua Peran HMI sebagai Pembinaan kader, itu berarti mempersiapkan kader-kader muda untuk menjadi tenaga-tenaga kepemimpinan dan calon-calon pemimpin yang tangguh, juga berkepribadian pancasila dan berdisiplin nasional yang sesuai dengan asas Organisasi HMI yaitu Pancasia. Kata Kunci : Peranan, HMI, Kepemimpinan, Organisasi Mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2022 05:17
Last Modified: 15 Sep 2022 05:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22511

Actions (login required)

View Item View Item