PROSES PENETRASI SOSIAL MAHASISWA YANG MEMAKAI NIQOB DALAM BERINTERAKSI DI KAMPUS PADA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Adela, Yoshie (2022) PROSES PENETRASI SOSIAL MAHASISWA YANG MEMAKAI NIQOB DALAM BERINTERAKSI DI KAMPUS PADA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover Skripsi Yoshie Adela.docx

Download (606kB)
[img] Text
BAB I-V SKRIPSI YOSHIE ADELA.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Proses Penetrasi Sosial Mahasiswa yang Memakai Niqob dalam Berinteraksi di Kampus Pada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini untuk proses penetrasi sosial mahasiswa yang memakai niqob dalam berinteraksi di kampus dan untuk mengetahui faktor pendukung dan Penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori Altman Taylor tentang proses penetrasi pemakai niqob/cadar dengan orientation stage, exploratory affective exchange stage, exploratory exchange stage dan Stable Exchange Stage hal ini bertujuan adanya keinginan dan sikap normal tanpa paksaan berani dan siap mengambil keputusan untuk menggunakan niqob dalam kehidupan sehari-hari. Analisis data yaitu deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data atau verifikasi. Hasil hasil penelitian ini menunjukan bahwa interaksi yang dilakukan mahasiswa pemakai niqob secara bertahap simbolik yaitu dengan menggunakan gerak tanggan, mimik wajah tatapan mata agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan lawan bicara, pengguna niqob sebagai ekspresi religi, komitmen dan kenyamanan dengan tidak menganggap beban argumen orang lain. Serta kejujuran total dan sikap normal tanpa paksaan membuat seseorang akan berani dan siap mengambil keputusan untuk menggunakan niqob dalam kehidupan sehari-hari dan berinteraksi sosial di kampus atas dasar pertemanan yang terbentuk pada umumnya. Faktor pendukung adanya motivasi dalam diri mahasiswa itu sendiri, sedangkan faktor penghambat adanya kesulitan muslimah bercadar dalam melakukan membangun identitasnya melalui tindakan dan interaksi dengan lingkungan masyarakat dengan berbagai spekulasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penetrasi Sosial, Niqob, Interaksi
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: YOSHIE ADELA
Date Deposited: 16 Sep 2022 06:39
Last Modified: 16 Sep 2022 06:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22540

Actions (login required)

View Item View Item