Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Terhadap Ambiguitas Job Description Tenaga Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau

oktarini, suci (2022) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Terhadap Ambiguitas Job Description Tenaga Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau. Undergraduate Thesis thesis, uin raden fatah palembang.

[img]
Preview
Text
SUCI OKTARINI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUCI OKTARINI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai ―Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Terhadap Ambiguitas Job Description Tenaga Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau‖ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh latar belakang pendidikan terhadap ambiguitas job description tenaga perpustakaan, serta untuk mengetahui latar belakang apa saja yang harus dimiliki tenaga perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau. Responden dalam penelitian ini berjumlah 45 tenaga perpustakaan. Data diperoleh dan dikumpulkan dari observasi, dokumentasi dan hasil penyebaran kueisioner kepada 45 tenaga perpustakaan. Penelitian ini menilai latar belakang pendidikan melalui teori Everly dan Giodarno yang meliputi lima komponen yaitu ketidakjealsan sasaran-sasaran kerja, Kesamaran tentang tanggung jawab, ketidakjelasan tentang prosedur kerja, Kesamaran tentang apa yang diharapkan oleh orang lain, dan Ketidakpastian tentang unjuk kerja pekerjaan, serta menilai ambiguitas job description tenaga perpustakaan melalui teori Satibi yang meliputi tujuh komponen yaitu Produktif, Inisiatif, Mandiri, Disiplin, Kerjasama, Responsif, dan Akuntabel. Hasil perhitungan terhadap jawaban responden menunjukkan bahwa nilai total rata-rata variabel X dapat dikategorikan tinggi karena berada pada skala interval 2,5-3,25 yaitu sebesar 3,06. Dan hasil perhitungan terhadap jawaban responden menunjukkan bahwa nilai total rata-rata variabel Y dapat dikategorikan tinggi karena berada pada skala 2,5- 3,25 yaitu sebesar 3,06. Kemudian untuk pengaruh latar belakang pendidikan terhadap ambiguitas job description tenaga perpustakaan melalui uji hipotesis (uji t), memperoleh nilai r hitung sebesar 0,585 lebih besar dari r tabel sebesar 0,294 dan nilai signifikannya yaitu 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan terhadap ambiguitas job description tenaga pepustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Latar belakang, pendidikan, ambiguitas job description, perpustakaan
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan > Pendidikan perpustakaan
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Kumpulan Karya Umum, Kutipan, Koleksi Abstrak Umum
Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 71401 - Ilmu Perpustakaan
Depositing User: SUCI OKTARINI
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:01
Last Modified: 26 Sep 2022 07:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22644

Actions (login required)

View Item View Item