Peran Bimbingan Konseling Islam untuk Mengurangi Kecenderungan Pengulangan Tindak Pidana (Studi Pada Narapidana di Lapas Kelas IIa Lahat)

Puspita, Sri (2020) Peran Bimbingan Konseling Islam untuk Mengurangi Kecenderungan Pengulangan Tindak Pidana (Studi Pada Narapidana di Lapas Kelas IIa Lahat). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover sri.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sri.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
full bab Sri Puspita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar pustaka sri.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Bimbingan Islam Untuk Mengurangi Kecenderungan Pengulangan Tindak Pidana (Studi Pada Narapidana di Lapas Kelas IIA Lahat)” bertujuan untuk mengetahui kecenderungan pengulangan tindak pidana pada narapidana, faktor yang menyebabkan mereka melakukan pengulangan tindak pidana dan peran bimbingan Islam untuk mengurangi kecenderungan pengulangan tindak pidana pada narapidana di lapas klas II a Lahat. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Subyek dalam penelitian berjumlah 3 orang, yaitu narapidana yang lebih dari satu kali di penjara. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa kecenderungan pengulangan tindak pidana berdasarkan komponen kognitif dimana mereka memandang tentang suatu kejahatan itu adalah hal yang negatif, tidak baik atau hal yang salah dan melanggar hukum, komponen afektif dimana setelah mereka melakukan kejahatan itu timbul perasaan menyesal dan kasihan kepada korban, komponen konatif dimana mereka tidak akan melakukan kejahatan kembali walaupun ada peluang karena mereka telah diberikan bekal ilmu keagamaan selama di lapas itu membuat mereka sadar dan menjadi berpikir yang lebih positif. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa kecenderungan pengulangan tindak pidana sangat rendah. Faktor yang mempengaruhi narapidana melakukan pengulangan tindak pidana adalah stigmatisasi dari masyarakat dan dampak buruk dari kondisi lembaga permasyarakatan yang sering disebut dengan dampak prisonisasi. Peran Bimbingan Islam Untuk Mengurangi Kecenderungan Pengulangan Tindak Pidana dengan fungsi preventif, fungsi kuratif, fungsi preservatif dan fungsi developmental dalam bimbingan Islam itu berperan untuk mengurangi kecenderungan pengulangan tindak pidana karena selama di sana, para narapidana diberikan bimbingan Islam secara rutin dan terus menerus untuk menjadi bekal saat mereka keluar nanti dan juga agar mereka dapat memecahkan permasalahan mereka dan bimbingan Islam disana juga sudah dirancang untuk mempertahankan agar mereka tidak berpikir kejalan yang buruk lagi serta merubah pikiran yang tadinya buruk menjadi lebih baik. Kata Kunci; Bimbingan Islam, Kecenderungan, Residivis

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam, Kecenderungan, Residivis
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: SRI PUSPITA
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:06
Last Modified: 26 Sep 2022 07:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22648

Actions (login required)

View Item View Item