Pelaksanaan Bagi Hasil Kerjasama Pemeliharaan Hewan Ternak Kambing Dalam Perspektif Ekonomi Syariah dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Desa Lubuk Tua Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas

Isna Novriyanti, Isna (2022) Pelaksanaan Bagi Hasil Kerjasama Pemeliharaan Hewan Ternak Kambing Dalam Perspektif Ekonomi Syariah dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Desa Lubuk Tua Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover Isna.pdf

Download (865kB) | Preview
[img] Text
Bab 1 Isna.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
Bab 2 Isna.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3 Isna.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
Bab 4 Isna.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5 Isna.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran Isna.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bagi hasil kerjasama pemeliharaan hewan ternak kambing dalam perspektif ekonomi syari’ah di Desa Lubuk Tua Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas dan bagaimana dampak kerjasama pemeliharaan hewan ternak kambing terhadap kesejahteraan masyarakat. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan, dan untuk mendapatkan data yang valid, metode yang digunakan peneliti yaitu metode wawancara, dokumentasi dan observasi ketika data sudah terkumpul lengkap maka peneliti analisis dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian di Desa Lubuk Tua ini menunjukkan sistem bagi hasil kerjasama hewan ternak kambing ini menggunakan sistem kekeluargaan dan saling tolong menolong serta akad yang digunakan yaitu akad lisan sehingga bisa berubah kapan saja perjanjian tersebut. Dalam sistem bagi hasilnya pendapatan dikurangi modal awal kemudian dibagi menggunakan sistem 50%:50% dan tanpa memperhitungkan biaya yang dikeluarkan oleh pihak pengelola saat perawatan berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ISNA NOVRIYANTI
Date Deposited: 29 Sep 2022 06:11
Last Modified: 29 Sep 2022 06:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22669

Actions (login required)

View Item View Item