PERAN KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN DITINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM (Studi Kasus Di Kepolisian Sektor Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir)

Atina, Zoliya (2022) PERAN KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN DITINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM (Studi Kasus Di Kepolisian Sektor Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (161kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)

Abstract

Tindak Pidana penganiayaan merupakan suatu perbuatan yang sering terjadi dalam lingkungan masyarakat, salah satunya yakni terjadi di Wilayah Hukum Polsek Pemulutan. Hal ini sangat meresahkan dan mengganggu ketertiban serta keamanan masyarakat. Maka dari itu peran kepolisian diperlukan untuk melakukan upaya penanggulangan agar bisa meminimalisir tindak penganiayan yang terjadi. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana penganiayaan di Polsek Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir dan bagaimana tinjauan hukum pidana Islam terhadap Peran Kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana penganiayaan di Polsek Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris dengan jenis kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana penganiayaan di Polsek Pemulutan di laksanakan dengan dua upaya yakni upaya preventif dan upaya represif. Upaya preventif yang dilakukan berupa upaya- upaya umum yakni sosialisasi mengenai budaya larang kekerasan, meningkatkan keimanan, dan himbauan bahaya penyalahgunaan Narkoba dan Minuman keras. Kemudian upaya represif yaitu melalui penyelesaian perkara dengan sistem damai (restorative justice) dan melalui proses penyelesaian perkara yakni melakukan penyidikan dan penyelidikan dan penyerahan berkas perkara kepada Jaksa Penuntut Umum untuk dilakukannya penuntutan dalam persidangan. Kemudian yang kedua bahwa peran kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana penganiayaan di Polsek Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir dilaksanakan sesuai dengan hukum pidana Islam sebagaimana yang telah di laksanakan Rasullullah SAW dalam hal menegakkan hukum, yang mana hal tersebut bertujuan untuk melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar dan untuk mencapai tujuan hukum pidana Islam sebagaimana yang dimaksudkan sebagai Maqāsid Asy-Syarī’aḥ atau Al-Maqasid Al-Khomsah, yakni hifzh annafs (memelihara jiwa), Hifzh Ad-dīn (Memelihara Agama), hifzh al-‘aql (memelihara akal), hifzh an-nasb (memelihara keturunan) dan hifzh al-māl (memelihara harta). Kata Kunci : Hukum Pidana Islam, Penanggulangan, Peran Kepolisian, Tindak Pidana Penganiayaan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hukum Pidana Islam, Penanggulangan, Peran Kepolisian, Tindak Pidana Penganiayaan
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: ZOLIYA ATINA
Date Deposited: 29 Sep 2022 06:00
Last Modified: 29 Sep 2022 06:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22675

Actions (login required)

View Item View Item