Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang Sapi Terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill) Pada Tanah Gambut

Oktavianti, Shania (2022) Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang Sapi Terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill) Pada Tanah Gambut. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI SHANIA OKTAVIANTI (CD). pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill) menjadi salah satu komoditas hortikultura dari kelompok sayuran yang potensial untuk dikembangkan ataupun prospek pemasaran. Lahan gambut terbentuk karena adanya penambahan bahan organik yang mempunyai pH tanah asam dan kaya kadar C-organik. Lahan gambut khususnya di Sumatera Selatan lahan gambut memiliki pH kisaran antara 4,1-4,3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan tanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill), dan mengetahui konsentrasi pupuk kandang sapi yang memberikan hasil optimal terhadap pertumbuhan tanaman tomat (Lycoprsicum esculentum Mill). Penelitian ini dilakukan di kabupaten Banyuasin pada bulan Juli-Agustus 2021. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 ulangan. A0 (kontrol) A1 (6,6 gram) A2 (13,2 gram) A3 (19,8 gram) dan A4 (26,4 gram). Data dianalisis dengan uji ANOVA (Analysis of Variance), dan dilanjutkan dengan uji Duncan pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan tanaman tomat berpengaruh nyata pada tinggi tanaman. Pada perlakuan A4 (26,6 gram) menunjukkan hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tomat, Kompos, pH Tanah Gambut, Bahan Organik
Subjects: Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: SHANIA OKTAVIANTI
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:23
Last Modified: 29 Sep 2022 04:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22689

Actions (login required)

View Item View Item