ANALISIS STANDAR KELAYAKAN PENGAJUAN PEMBIAYAAN KONSUMTIF DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada BPRS Al-Falah Banyuasin)

Sefta Zairin, Firdaus Dewantara (2022) ANALISIS STANDAR KELAYAKAN PENGAJUAN PEMBIAYAAN KONSUMTIF DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada BPRS Al-Falah Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIRDAUS DEWANTARA S.Z SE-26-35.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIRDAUS DEWANTARA S.Z SE-1-25.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIRDAUS DEWANTARA S.Z SE-36-54.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIRDAUS DEWANTARA S.Z SE-55-64.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FIRDAUS DEWANTARA S.Z SE-65-85.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
SKRIPSI FIRDAUS DEWANTARA S.Z SE-86-91.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
SKRIPSI FIRDAUS DEWANTARA S.Z SE-92-102.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)

Abstract

Problematika ekonomi adalah masalah yang harus segara diatasi karena akan menyebabkan dampak terus menerus yang menghantui masyarakat baik masyarakat yang kaya maupun yang miskin. Masalah ekonomi dapat menimbulkan gelombang pengangguran, pendapatan dan daya beli masyarakat menurun, para pedagang mengalami kerugian dan banyak perusahaan mengalami kesulitan usaha. Bagi masyarakat menengah ke bawah, sangat diperlukan yang namanya lembaga keuangan dalam memulai bisnis yakni untuk meminjam dana baik untuk pembiayaan konsumtif maupun produktif. Akan tetapi dalam pembiayaan konsumtif berupa barang atau jasa yang semakin lama semakin berkurang nilainya. Lembaga keuangan yang menyediakan pembiayaan konsumtif tentunya harus benar-benar menerapkan standar kelayakan pengajuan pembiayaan agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan perusahaan seperti pemberian pembiayaan kepada nasabah yang mengajukan data-data fiktif yang berisiko fatal seperti nasabah tidak membayar angsuran perbulan yang sebenarnya sudah ada kesepakatan antara pihak perusahaan dan nasabah. Dengan fenomena tersebut, maka diharapkan BPRS Al-Falah Banyuasin menerapkan analisis kelayakan pengajuan pembiayaan konsumtif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode analisis kualitatif dan menggunakan analisis 5C (Character, Capacity, Capital, Cash Flow, Condition) dan analisis maghrib (maysir, gharar, riba). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi melalui sumber data primer. Setelah melakukan penelitian, kesimpulan dari penelitian ini adalah BPRS Al-Falah Banyuasin menerapkan semua prinsip 5C dalam mengnalisis pengajuan nasabah pembiayaan konsumtif. BPRS Al-Falah Banyuasin menilai calon nasabah melalui hubungan sosial masyarakat, melakukan survey, pengecekan data, dan wawancara. Selain itu profesi dan slip gaji atau laporan arus kas juga menjadi salah satu faktor pendukung pemberian pembiayaan. kemudian, tabungan, analisis prospek usaha dan resiko usaha juga bagian dari analisis kelayakan pengajuan oleh BPRS Al-Falah dan untuk agunan sesuai dengan peraturan OJK No.29. Perspektif Ekonomi Islam tentang standar kelayakan pembiayaan konsumtif pada BPRS Al-Falah Banyuasin tidak ada unsur Maysir, Gharar dan Riba.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: FIRDAUS DEWANTARA SEFTA ZAIRIN
Date Deposited: 30 Sep 2022 01:29
Last Modified: 30 Sep 2022 01:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22736

Actions (login required)

View Item View Item