SOLIDARITAS MASYARAKAT DESA AIR PAOH KECAMATAN BATURAJA TIMUR DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT SOSIAL EMILE DURKHEIM

Ariansyah Semendawai, Muhammad (2022) SOLIDARITAS MASYARAKAT DESA AIR PAOH KECAMATAN BATURAJA TIMUR DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT SOSIAL EMILE DURKHEIM. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover skripsi ari.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI M. ARIANSYAH S (SOLIDARITAS MASYARAKAT DESA AIR PAOH KECAMATAN BATURAJA TIMUR DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT SOSIAL EMILE DURKHEIM) FIX CETAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Solidaritas adalah hal yang senantiasa dibicarakan oleh banyak orang dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam melakukan suatu kegiatan sosial, masyarakat di desa memegang erat rasa solidaritas, kebersamaan, dan gotong royong. Maka dari itu solidaritas menjadi alasan untuk saling tolong menolong dan berintegrasi sosial di dalam masyarakat supaya masyarakat menjadi lebih solid atau kompak. Rumusan masalah yang diteliti yaitu: (1). Bagaimana bentuk solidaritas masyarakat desa Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur dan bagaimana dampaknya terhadap masyarakat? (2). Bagaimana solidaritas masyarakat di desa Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur ditinjau dari filsafat sosial Emile Durkheim?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk solidaritas masyarakat desa Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur serta dampaknya terhadap masyarakat dan untuk mengetahui solidaritas masyarakat di desa Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur ditinjau dari filsafat sosial Emile Durkheim. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian lapangan (field research). Adapun model yang digunakan adalah model penelitian fenomenologi dengan pendekatan ilmu sosial (sosiologi). Adapun jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah masyarakat desa Air Paoh sedangkan data sekunder bersumber dari dokumen-dokumen resmi, buku-buku, dan hasil penelitian berbentuk laporan dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa banyaknya bentuk-bentuk penerapan solidaritas di desa Air Paoh ini yang dilakukan oleh masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-sehari di desa. Penerapan bentuk solidaritas ini didasari oleh motivasi masyarakat-masyarakat di desa Air Paoh untuk melakukan solidaritas sehingga menimbulkan dampak positif dan negatif bagi masyarakat desa. Bentuk-bentuk solidaritas masyarakat desa Air Paoh ini bisa dilihat dari teori Emile Durkheim, maka dapat dijelaskan bahwa Solidaritas masyarakat di desa Air Paoh terdapat 2 macam, yaitu solidaritas mekanik dan solidaritas organik. Pertama dari segi solidaritas mekanik meliputi; menjenguk tetangga yang sakit, tahlilan, rewang hajatan, ngelayat, maulid nabi, memperingati 17 agustus, kerja bakti menjelang ramadhan, persatuan kematian muslim. Secara garis besar bentuk-bentuk solidaritas masyarakat tersebut dilatar belakangi oleh solidaritas yang didasarkan atas kepercayaan dan kesetiakawanan serta diikat oleh conscience collective (hati nurani kolektif). Sedangkan dari segi solidaritas Organik meliputi; minimarket, kantor desa, cafe, pertanian, band yang ditinjau dari latar belakangnya yaitu suatu sistem terpadu yang terdiri atas bagian-bagian yang saling tergantung seperti halnya bagian-bagian suatu organisme biologis. Maka dari itu diketahui bahwa masyarakat yang ada di desa Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur ini sangat memegang erat rasa kesolidaritasan yang membuat masyarakat disana hidup dengan solid dan kompak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Solidaritas, Masyarakat
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 170 Etika, Filsafat Moral
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76232 - Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: M. ARIANSYAH SEMENDAWAI
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:15
Last Modified: 03 Oct 2022 07:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22769

Actions (login required)

View Item View Item