Keanekaragaman Isolat Fungi Endofit Berdasarkan Variasi Bentuk Daun Tumbuhan Jambu Bol (Syzygium malaccense) Di Palembang Dan Sumbangsihnya Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Materi Fungi Di SMA/MA

Chandra, Alya Miranda (2022) Keanekaragaman Isolat Fungi Endofit Berdasarkan Variasi Bentuk Daun Tumbuhan Jambu Bol (Syzygium malaccense) Di Palembang Dan Sumbangsihnya Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Materi Fungi Di SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fungi endofit adalah fungi yang dapat tumbuh didalam jaringan tanaman tanpa menimbulkan gejala penyakit pada tanaman inangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman fungi endofit pada daun jambu bol (Syzygium malaccense) di kota Palembang. Data identifikasi fungi endofit yang didapatkan dianalisis setiap genus yang diperoleh dengan analisa diversitas aplikasi PAST 3 kemudian membuat grafik PCA (Principal Component Analisis) Daun S.malaccense. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan sebanyak 20 isolat fungi endofit yang diisolasi dari daun jambu bol (Syzygium malaccense) dari 1 tempat yang ada di kota Palembang. Pada bagian daun persegi ditemukan 10 isolat sedangkan pada bagian daun zigzag terdapat 4 isolat dan pada bagian daun lingkaran terdapat 6 isolat. Berdasarkan identifikasi mikroskopis menunjukan bahwa 20 isolat termasuk kedalam 13 genus yang berbeda, antara lain Arthrographis sp., Aspergillus sp., Basidiobolus., Chrysonilia., Lichtheimia sp., Madurella sp., Microsporum sp., Mortierella zychae., Rhizomucor sp., Rhizopus sp., Trichoderma sp., Trichophyton sp. Nilai indeks keanekaragaman fungi endofit pada bagian daun bentuk persegi index (D) sebesar (0,12) sedangkan bentuk zigzag bernilai (0,25) dan bentuk lingkaran bernilai (0,33). Nilai indeks keanekaragaman fungi endofit pada bagian daun bentuk persegi bernilai (2,16) sedangkan bentuk zigzag bernilai (1,38) dan bentuk lingkaran bernilai (1,24). Hal tersebut menunjukkan bahwa kondisi keanekaragaman jaringan daun bentuk persegi lebih banyak daripada bentuk zigzag dan lingkaran. Kata Kunci : Fungi Endofit, Jambu Bol (Syzygium malaccense), Keanekaragaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Fungi Endofit, Jambu Bol (Syzygium malaccense), Keanekaragaman.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: ALYA MIRANDA CHANDRA
Date Deposited: 05 Oct 2022 01:51
Last Modified: 05 Oct 2022 01:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22821

Actions (login required)

View Item View Item