“ANALISIS PERAN PEDAGANG PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA PASCA WABAH COVID-19 DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PEDAGANG DI SEKITAR JL. SIMANJUNTAK PALEMBANG).”

Ulandari, Kartika (2022) “ANALISIS PERAN PEDAGANG PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA PASCA WABAH COVID-19 DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PEDAGANG DI SEKITAR JL. SIMANJUNTAK PALEMBANG).”. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Pada masa sekarang ini yang bekerja bukan hanya laki-laki saja tetapi perempuan pun sudah banyak yang bekerja, baik perempuan yang belum menikah maupun sudah menikah. Perempuan yang bekerja atau berdagang membuka usaha karena sekedar hobbi, pengisi waktu luang atau ingin menambah penghasilan keluarga. Di Alquran maupun hadist tidak ada yang membatasi gerak perempuan untuk berkecimpung dalam dunia pekerjaan. Islam memiliki perhatian terhadap para perempuan serta memiliki rambu-rambu atau norma-norma tersendiri yang berkaitan dengan perempuan yang bekerja diluar rumah. Perempuan yang bekerja sebagai padagang tentu menghasilkan pendapatan, baik dalam jumlah kecil maupun jumlah yang besar hal tersebut tentu berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan keluarga. Pendapatan tersebut tentu mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan kelurga apalagi mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Perempuan yang bekerja sebagai pedagang tersebut secara tidak langsung mereka sudah meningkatkan pendapatan keluarganya. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukkan dengan para pedagang perempuan, jenis penelitian ini yaitu penelitian kulitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perempuan yang bekerja sebagai pedagang dapat menjalankan peran ganda mereka baik mengurus rumah tangga maupun meningkatkan perekonomian keluarga, Perempuan yang bekerja sebagai pedagang juga dalam aktivitas perdagangannya sudah mengikuti ketentuan Ekonomi Islam seperti halnya rasa saling percaya dan memberikan keuntungan kepada para pembeli. Hal tersebut dapat dilihat dari data di lapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peran Perempuan, Pedagang Perempuan, Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: KARTIKA ULANDARI
Date Deposited: 19 Oct 2022 23:02
Last Modified: 19 Oct 2022 23:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22914

Actions (login required)

View Item View Item