Peranan Pembiayaan Perbankan Syariah Dalam Meningkatkan Perekonomian Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Ilir Timur Tiga Kota Palembang

Putra, Wahyu Dwi (2022) Peranan Pembiayaan Perbankan Syariah Dalam Meningkatkan Perekonomian Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Ilir Timur Tiga Kota Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Skripsi_1830603259_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_1830603259_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_1830603259_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_1830603259_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_1830603259_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Skripsi_1830603259_Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_1830603259_ Cover+Abstrak.pdf

Download (845kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan UMKM, persoalan yang dihadapi pelaku usaha adalah masalah permodalan, namun berbeda halnya dalam pembiayaan mudharabah. Dalam pembiayaan mudharabah modal belum tentu menjadi masalah dalam umkm, karena modal usaha bisa didapat dari pengajuan pembiayaan ke bank syariah. Hal lainnya yang dijadikan permasalahan dalam penelitian ini adalah relatif kecilnya pangsa pasar dan produk yang kurang menarik perhatian konsumen. Persoalan ini paling sering dijadikan alasan ketika usaha yang dijalankan seseorang tidak bisa berkembang ataupun meningkat. Oleh karena itu, peranan perbankan syariah sangat dibutuhkan dalam membantu meningkatkan perekononian UMKM bagi pelaku usaha yang membutuhkan dana yaitu melalui pembiayaan. Penelitian dengan judul “Peranan Pembiayaan Perbankan Syariah dalam Meningkatkan Perekonomian Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Ilir Timur Tiga Kota Palembang”, memiliki rumusan masalah bagaimana Peranan Pembiayaan Perbankan Syariah dalam meningkatkan perekonomian UMKM, dan apakah kendala Pembiayaan Perbankan Syariah dalam meningkatkan perekonomian UMKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Peranan Pembiayaan Perbankan Syariah dalam Meningkatkan Perekonomian UMKM di Kecamatan Ilir Timur Tiga Kota Palembang. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dalam bentuk deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Subjek penelitian ini adalah pihak yang memiliki usaha mikro kecil dan menengah di Kecamatan Ilir Timur Tiga Kota Palembang. Landasan teori ini menggunakan teori keuangan Islam. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwasanya peran pembiayaan perbankan syariah dalam meningkatkan perekonomian UMKM di Kecamatan Ilir Timur Tiga Kota Palembang sangat berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan usaha, hal tersebut dapat diketahui dengan adanya peningkatan pendapatan usaha terhadap beberapa pelaku UMKM yang telah melakukan pembiayaan di Bank Syariah. Dan juga terdapat beberapa kendala yang dihadapi perbankan syariah dalam meningkatkan perekonomian UMKM yang sampai saat ini masih menjadi permasalahan, yaitu seperti kecilnya pangsa perbankan syariah, kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat, dan terbatasnya sumber daya manusia yang mumpuni.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Lembaga Keuangan Syariah, UMKM.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: WAHYU DWI PUTRA
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:08
Last Modified: 10 Oct 2022 04:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22926

Actions (login required)

View Item View Item