PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM TAMBANG PASIR DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (Desa Teluk Lubuk Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim)

Agus, Prayoga (2022) PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM TAMBANG PASIR DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (Desa Teluk Lubuk Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
SKRIPSI Agus Prayoga Real.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Pertambangan pasir atau yang lazim disebut dengan penambangan galian C merupakan kegiatan usaha penambangan rakyat yang harus memiliki IUP (Ijin Usaha Penambangan) sesuai PP No. 7 Tahun 2010 tentang reklamasi dan kegiatan pasca tambang sebagaimana disebutkan setiap pemilik IUP harus memiliki jaminan reklamasi dan kegiatan pasca tambang. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis Pemanfaatan Sumber Daya Alam Tambang Pasir Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana cara masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam tambang pasir dan Apa faktor pendukung dan penghambat masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam tambang pasir. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui cara masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam tambang pasir dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam tambang pasir. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Kemanfaatan yang dikemukakan oleh Davis, F.D dan Adam, et.al yang berbunyi kemanfaatan sebagai suatu tingkatan dimana seseorang percaya bahwa penggunaan suatu objek tertentu akan dapat meningkatkan prestasi kerja orang tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif-Kualitatif dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis kualitatif dan kegiatan analisis data dilakukan dengan menggunakan Lexi J. Moleong, yaitu: Reduksi data, Deskripsi data, Penyajian, data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan sumber daya alam tambang pasir dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan tenaga manusia atau hewan dan menggunakan mesin pompa penyedot pasir. Kemudian adapun yang menjadi faktor pendukung dan penghambat masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam tambar pasir, yaitu: faktor pendukung berupa air surut, penambangan legal, dan pemanfaatan menggunakan mesin pompa penyedot pasir dan faktor penghambatnya berupa air pasang, kerusakan lingkungan, dan pemanfaatan menggunakan tenaga manusia atau hewan. Kemudian dengan adanya kegiatan penambangan ini maka perekonomian masyarakat menjadi meningkat. Kata Kunci: Pemanfaatan, Sumber Daya Alam, dan Pertambangan Pasir

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Sumber Daya Alam, dan Pertambangan Pasir
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: AGUS PRAYOGA
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:57
Last Modified: 12 Oct 2022 03:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22981

Actions (login required)

View Item View Item