TERAPI REALITAS DALAM MENGATASI POST-TRAUMATIC STRESS DISORDER AKIBAT PELECEHAN SEKSUAL (Studi Kasus Terhadap Klien “R” Di Desa Lembak Kabupaten Muara Enim)

Novia, Evriani and Dr., Suryati, M.Pd and Neni, Noviza, M.Pd (2022) TERAPI REALITAS DALAM MENGATASI POST-TRAUMATIC STRESS DISORDER AKIBAT PELECEHAN SEKSUAL (Studi Kasus Terhadap Klien “R” Di Desa Lembak Kabupaten Muara Enim). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOVIA EVRIANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Terapi Realitas dalam Mengatasi Post-Traumatic Stress Disorder Akibat Pelecehan Seksual (studi Kasus pada Klien “R” di Desa Lembak Kabupaten Muara Enim). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran Post-Traumatic Stress Disorder pada Klien “R” dan penerapan Terapi Realitas dalam mengatasi Post-Traumatic Stress Disorder pada Klien “R”. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus, yaitu penelitian yang dilakukan secara mendalam terhdap subjek penelitian (Klien “R”), sedangkan objek pada penelitian ini adalah keluarga dan teman dari klien “R”. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini berada di Desa Lembak Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini menggunakan teknik alasisis data menggunakan eksplanasi dan analisis deret waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran Post-Traumatic Stress Disorder pada klien “R” akibat pelecehan seksual adalah adanya penghindaran, ketakutan, sulit berkonsentrasi, sulit tidur, mudah putus asa, mudah marah, dan mimpi buruk. Hasil penerapan terapi realitas pada klien “R”, mengalami perubahan yang lebih baik dari perilaku dan cara berpikir, lebih realitas, tidak lagi mengalami gangguan pada pikiran yang negatif, tidak lagi mudah marah, dan mengalami mimpi buruk, serta dapat berkonsentrasi. katakunci: Terapi Realitas, Post-Traumatic Stress Disorder

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Terapi Realitas, Post-Traumatic Stress Disorder
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: NOVIA EVRIANI
Date Deposited: 18 Oct 2022 06:05
Last Modified: 18 Oct 2022 06:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23149

Actions (login required)

View Item View Item