Analisis Kesadaran Membayar Zakat Perdagangan Kopi Masyarakat Desa Segamit Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim

Huda, Nailatul (2021) Analisis Kesadaran Membayar Zakat Perdagangan Kopi Masyarakat Desa Segamit Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NAILATUL HUDA 1234.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Desa Segamit ini terdapat di Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim. mayoritas masyarakat di Desa Segamit adalah sebagai petani kopi dan pedagang kopi. dilihat dari potensi kopi yang dihasilkan dari tokeh- tokeh kopi di Desa Segamit ini cukup besar maka sudah dianjurkan untuk menunaikan salah satu kewajiban umat islam diantaranya membayar zakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( Field Riseach) yang berada di Desa Segamit Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim, adapun metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendapati bahwa para pedagang atau tokeh kopi di Desa Segamit yang membayar zakat perdagangan masih cukup rendah terdapat lima tokeh yang ada di Desa Segamit hanya dua yang sudah melaksanakan membayar zakat perdagangan dan tiga lainnya belum membayar zakat perdagangan. ada faktor yang menyebabkan tiga tokeh tersebut belum membayar zakat perdagangan yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: NAILATUL HUDA
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:08
Last Modified: 24 Feb 2023 02:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23331

Actions (login required)

View Item View Item