PERAN PROGRAM MEKAAR SYARIAH PADA PT. PNM DALAM MENINGKATKAN OMZET UMKM DI DESA SERIBANDUNG KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR

Agustina, Madania (2022) PERAN PROGRAM MEKAAR SYARIAH PADA PT. PNM DALAM MENINGKATKAN OMZET UMKM DI DESA SERIBANDUNG KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB III.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_BAB IV.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB V mada.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

PNM Mekaar Syariah dianggap menjadi jalan keluar strategis untuk pemerintah dalam mengembangkan akses permodalan dan juga pelatihan untuk pelaku-pelaku UMKM yang menyebar diseluruh Indonesia. Oleh karenanya, riset ini memiliki tujuan guna mencari tahu bagaimana peran PNM Mekaar Syariah dalam meningkatkan UMKM di Desa Seribandung Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk melihat keabsahan data menggunakan cara trianggulasi sumber. Kemudian analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan pertama, peran PNM Mekaar Syariah dalam meningkatkan omzet UMKM di desa Seribandung dengan cara memberi bantuan modal, pendampingan dan pengembangan usaha kepada ibu-ibu prasejahtera yang ada di desa Seribandung. Kedua, PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) Cabang Tanjung Batu menghadapi kendala dalam meningkatkan omzet UMKM yakni dari Accout Officer sendiri yang terkadang tidak kooperatif dalam proses pelayanan nasabah yang mengakibatkan penyalahgunaan pinjaman oleh nasabah. Hambatan lainnya yang sering dihadapi oleh Account Officer pada saat Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM) dilaksanakan karena banyaknya nasabah yang tidak menghadiri maupun telambat, akibatnya waktu yang sudah diperhitungkan untuk PKM di kelompok lain akan berkurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: MADANIA AGUSTINA
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:08
Last Modified: 02 Nov 2022 02:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23338

Actions (login required)

View Item View Item