TERAPI ZIKIR ISTIGHFAR DALAM MEMINIMALISIR KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN (STADI KASUS DI PONDOK PESANTREN NURUL QOMAR KOTA PALEMBANG)

GUSTINA, DELFIA (2022) TERAPI ZIKIR ISTIGHFAR DALAM MEMINIMALISIR KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN (STADI KASUS DI PONDOK PESANTREN NURUL QOMAR KOTA PALEMBANG). In: rapi Zikir Istighfar Dalam Meminimalisisir Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian (Stadi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Qomar Kota Palembang). (Submitted)

[img] Text
FUL SKRIPSI DELFIA B5.docx
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Terapi Zikir Istighfar Dalam Meminimalisisir Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian (Stadi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Qomar Kota Palembang)” ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh terapi zikir istighfar dalam meminimalisir kecemasan siswa dalam menghadapi ujian. Kecemasan adalah ketidakmampuan untuk menghadapi ketidakberdayaan, perasaan khawatir, tidak aman, ketidakdewasaan dan tuntutan nyata, kesulitan bahkan tekanan kehidupan sehari-hari di lingkungan. Ketika seseorang mengalami kecemasan, beberapa gejala yang muncul yaitu detak jantung yang tidak stabil, mata berkunang-kunang, mual, sakit kepala, sulit fokus serta gejala-gejala lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana proses terapi zikir istighfar dalam meminimalisir kecemasan siswa dalam menghadapi ujian di pondok pesantren nurul qomar 2) bagaimana hasil terapi zikir istighfar dalam meminimalisir kecemasan siswa dalam menghadapi ujian di pondok pesantren nurul qomar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses terapi zikir istighfar dalam meminimalisir kecemasan siswa dalam menghapai ujian di pondok pesantren nurul qomar dan juga untuk mengetahui hasil terapi zikir istighfar dalam meminimalisir kecemasan siswa dalam menghadapi ujian di pondok pesantren nurul qomar. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan eksperimen dimana perubahan variabel dependen merupakan hasil dari variabel independen. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ipa 1 yang tinggal di asrama Pondok Pesantren Nurul Qomar Kota Palembang yang berjumlah 8 orang siswi. Hasil kajian dari penelitian ini menunjukan Proses terapi zikir istighfar dalam meminimalisir kecemasan siswa dalam menghadapi ujian Stadi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Qomar Kota Palembang menggunakan beberapa tahapan yaitu a) identifikasi masalah, dengan mengumpulkan data dengan cara wawancara dan observasi langsung dengan konseli dan salah satu temannya. b) diagnosis, terdapat delapan konseli dengan indikator kecemasan yang berbeda-beda, c) prognosis, tahap pemberian bantuan dan proses untuk lebih memahami mengenai bagaimana terapi akan dilakukan, d) treatment/terapi, penangan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan, penenangan atau tindakan tertentu dilakukan berdasarkan prognosis yang sudah dibuat, proses terapi ini dilakukan kurang lebih 8 kali pertemuan selama 3 bulan, e) evaluasi, kegiatan untuk bias menentukan nilai suatu kegiatan atau program sehingga bias mengetahui sejauh mana perubahan yang dialami oleh konseli. F) follow up, tindak lanjut yang merupakan proses akhir dari terapi, maka dalam hal ini dapat dibuktikan dari kondisi konseli yang pada awalnya konseli berada dalam kondisi cemas kemudian setelah melakukan terapi ada perubahan yang dialami oleh konseli baik perubahan kondisi, perasaan ataupun pikiran. Kata kunci :Terapi, Zikir Istighfar, Kecemasan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tasawuf dan Psikoterapi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: DELFIA GUSTINA
Date Deposited: 19 May 2023 03:53
Last Modified: 14 Nov 2023 01:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23353

Actions (login required)

View Item View Item