Pengaruh Hubungan Pemasaran, Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening

Cahaya Azwari, Peny (2020) Pengaruh Hubungan Pemasaran, Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 6 (1). ISSN 2548-5601

[img]
Preview
Text
Pengaruh Hubungan Pemasaran, Kualitas Layanan.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Gojek adalah perusahaan yang menawarkan layanan transportasi ojek yang terintegritas dengan teknologi, dengan menggunakan aplikasi pemesanan ojek. Akan tetapi, permasalahan sekarang adalah banyaknya mitra pengemudi gojek sehingga menyebabkan persaingan semakin ketat, tidak hanya dalam satu perusahaan akan tetapi perusahaan transportasi lain. Adanya perang tarif (promo) yang diberikan perusahaan lain yang meyebabkan terjadi keluar masuk mitra pengemudi dan menyebabkan adanya beberapa oknum mitra pengemudi yang bermain dua kaki. Tidak terkontrolnya mitra pengemudi, seperti: mitra pengemudi memakai kendaraan yang tidak sesuai dengan yang terdata di aplikasi. Dan tidak disediakannya tempat “mangkal” mitra pengemudi yang menimbulkan tidak beraturannya para mitra pengemudi sehingga memenuhi sebagian bahu jalan, trotoar yang menyebabkan kemacetan. Penelitian ini menggunakan data primer. Sampel dalam penelitian ini adalah 200 responden. Teknik sampling menggunakan sampling atau sampling purposive berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SEM dengan 7 kriteria tes menggunakan aplikasi Amos 21. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa, 1) Hubungan Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pengemudi 2) Kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pengemudi. 3)Hubungan pemasaran berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengemudi 4) Kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengemudi 5) kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pengemudi. 6) Hubungan Pemasaran berpengaruh terhadap Loyalitas Pengemudi Melalui Kepuasan Pengemudi 7) Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pengemudi melalui kepuasan pengemudi.

Item Type: Article
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:45
Last Modified: 31 Oct 2022 02:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23381

Actions (login required)

View Item View Item