KONSEP TERAPI DAN MUHASABAH HATI UNTUK MENENANGKAN EMOSI NEGATIF DALAM DIRI (ANALISIS BUKU TERAPI DAN MUHASABAH HATI MENURUT MUHAMMMAD MUHIBBUDDIN)

Reksando, Better (2022) KONSEP TERAPI DAN MUHASABAH HATI UNTUK MENENANGKAN EMOSI NEGATIF DALAM DIRI (ANALISIS BUKU TERAPI DAN MUHASABAH HATI MENURUT MUHAMMMAD MUHIBBUDDIN). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
SKRIPSI BETTER SIAP WISUDAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini tentang “Konsep Terapi dan Muhasabah Hati untuk Menenangkan Emosi Negatif Dalam Diri Analisis Buku Terapi dan Muhasabah Hati Menurut Muhammad Muhibbudin)”. Analisis dalam buku Muhammad Muhibbuddin konsep terapi dan muhasabah memiliki keunggulan dimana dalam buku dijelaskan tentang upaya i’tisham dan istiqomah. I’tisham merupakan pemeliharaan diri dengan berpegang teguh pada aturan-aturan syariat. Tujuan penelitian 1) untuk menganalisis gambaran emosi negatif dalam diri analisis pada buku terapi dan muhasabah hati Menurut Muhammad Muhibbudin. 2) Untuk menganalisis Konsep Terapi dan Muhasabah Hati Menurut Muhammad Muhibbudin. Metode penelitian perpustakaan (Liberary Research), dengan teknik pengumpulan data meliputi pemeriksaan data (editing), penandaan data dan sistematika data (systematizing). Berdasarkan hasil penelitian bahwa 1) Gambaran Emosi Negatif Dalam Diri Analisis pada Buku Terapi dan Muhasabah Hati Menurut Muhammad Muhibbudin yaitu emosi negatif dalam diri menunjukkan sikap tidak bisa mengenali diri sendiri, tergoda/silau dengan urusan dunia, tidak pandai dalam menempatkan situasi dan kondisi, emosi negatif menunjukkan perilaku seseorang yang tidak bisa mengendalikan diri. 2) Pertama, melalui terapi “Psycho” Etik dimana berdasarkan atas perilaku dan evaluasi pada diri seseorang yang mengalami emosi negatif tersebut terapi tahap-tahap yang dilakukan dengan cara bersyukur, saling menolong, memberikan nasehat, mengutamakan berwudhu. Kedua, Terapi “Psyco” Estetik seperti halnya mengutamakan kesadaran dari diri individu untuk dapat mengendalikan emosi yang sedang memuncak dalam diri seseorang dimana melalui tahap estetika seperti mengutamakan kebesaran Allah SWT menyukai orang-orang yang berpikir baik, mahabah kepada Allah SWT. Katakunci: Muhasabah Hati, Emosi Negatif, Muhammad Muhibbudin

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Muhasabah Hati, Emosi Negatif, Muhammad Muhibbudin
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Kumpulan Karya Umum, Kutipan, Koleksi Abstrak Umum
Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: BETTER REKSANDO
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:30
Last Modified: 02 Nov 2022 02:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23416

Actions (login required)

View Item View Item