Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage, dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Income Smoothing dengan Good Corporate Governance (GCG) sebagai Variabel Moderating (Studi pada Bank Umum Syariah 2018-2020)

Oktaria, Tessa Dwi (2022) Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage, dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Income Smoothing dengan Good Corporate Governance (GCG) sebagai Variabel Moderating (Studi pada Bank Umum Syariah 2018-2020). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
1_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
2_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Laporan keuangan adalah hal yang sangat penting untuk diketahui oleh investor karena didalamnya memuat informasi mengenai kondisi kesehatan keuangan suatu perusahaan. Namun pada beberapa kasus, laporan keuangan seringkali dimanipulasi untuk kepentingan tertentu, terutama dalam pelaporan laba. Tindakan manipulasi tersebut disebut manajemen laba, strategi yang paling sering digunakan adalah income smoothing (perataan laba). Adanya tindakan tersebut untuk membuat laporan keuangan terlihat baik, karena informasi laba merupakan hal yang paling penting untuk mengukur keberhasilan ataupun kegagalan bisnis suatu perusahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh profitabilitas, financial leverage, dan non performing financing terhadap income smoothing dengan good corporate governance sebagai variabel moderating. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perngaruh profitabilitas, , financial leverage, dan non performing financing terhadap income smoothing dengan good corporate governance sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian filsafat positivism yaitu metode yang digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu dengan alat analisis regresi berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) melalui SPSS. Populasi penelitian ini adalah bank umum syariah yang terdaftar di OJK tahun 2018-2020. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini, profitabilitas (X1), financial leverage (X2), dan non performing financing (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap income smoothing (Y) namun tidak berpengaruh secara simultan. GCG mampu memoderasi hubungan profitabilitas (X1), financial leverage (X2), dan non performing financing (X3) terhadap income smoothing (Y). Dalam pandangan ekonomi islam, praktik manajemen laba dengan income smoothing tentunya bertolak belakang dengan prinsip syariah maka dari itu Good Corporate Governance (GCG) yang merupakan sebuah sistem pengelolaan perusahaan diharapkan dapat meminimalisir tindakan tersebut. Kata kunci : Profitabilitas, Financial Leverage, Non Performing Financing, Income Smoothing, Good Corporate Governance.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Financial Leverage, Non Performing Financing, Income Smoothing, Good Corporate Governance.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: TESSA DWI OKTARIA
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:55
Last Modified: 04 Nov 2022 03:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23454

Actions (login required)

View Item View Item