KOMUNIKASI CERDAS KOMIKA PADA PENONTON DALAM PENYAMPAIAN MATERI STAND UP COMEDY (Studi pada Komunitas Stand Up Comedy Palembang)

Astuti, Meli (2022) KOMUNIKASI CERDAS KOMIKA PADA PENONTON DALAM PENYAMPAIAN MATERI STAND UP COMEDY (Studi pada Komunitas Stand Up Comedy Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI_MELI ASTUTI_1820701017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Komunikasi Cerdas Komika pada Penonton dalam Penyampaian Materi Stand Up Comedy (Studi pada Komunitas Stand Up Comedy Palembang)”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana komunikasi cerdas komika pada penonton dalam menyampaikan materi, dan faktor yang menghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa, stand up termasuk dalam komedi yang menyajikan komunikasi cerdas karena dalam penyampaiannya tersusun baik dari materi hingga aksi panggung. Komika juga menggunakan tahapan pesan dalam mengajak penonton mengerti dengan materi yang dibawakan yakni tahapan Attention, Need, Statifaction, Visualization dan Action, serta yang menjadi fokus ialah materi dan Delivery (Cara penyampaian). Selain itu komunikasi hiburan yang cerdas ini juga menampilkan materi yang memiliki makna tersendiri yang ingin disampaikan oleh komika kepada penontonnya, dengan cara pembawaan yang berkelas. Dan yang menjadi nilai jual dari komedi ini ialah sudut pandang komika yang berbeda-beda, dalam memandang suatu fenomena. Saat penyampaian materi adapun faktor yang menghambatnya, yakni pada proses menarik Perhatian terdapat hambatan teknis, pada pemenuhan Kebutuhan ada hambatan semantik, Pemuasan terdapat hambatan demografis, pada proses Visualisasi terdapat hambatan psikologis Dan yang terakhir Aksi yakni hambatan fisik. Adapun teori yang digunggakan dalam penelitian ini adalah teori Teori Retorika Aristoteles.. Kata kunci : Komunikasi,Komedi,Hiburan,Cerdas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:18
Last Modified: 04 Nov 2022 07:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23466

Actions (login required)

View Item View Item