METODE LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK PANTI ASUHAN DAN RUMAH TAHFIZ "RAIHAN" DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK

Andini, Nasta Dwi (2022) METODE LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK PANTI ASUHAN DAN RUMAH TAHFIZ "RAIHAN" DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover sasa.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK sasa.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
BAB I sasa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB II sasa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
BAB III sasa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV sasa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
BAB V sasa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img]
Preview
Text
DAFAR PUSTAKA nasta.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul“Metode Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Panti Asuhan dan Rumah Tahfiz “Raihan” Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Pada Anak”. Yang melatarbelakangi permasalahan ini adalah masih terdapat anak yang sudah kurang mempunyai akhlak yang baik seperti pernah berbohong, melanggar peraturan, berkata kasar dan bertingkah laku yang tidak sopan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meode yang ada di lembaga kesejahteraan sosial anak melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan sumber data primer dan sekunder. Dengan tektik pengumpulan data yaitu: metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian inin menganalisis teori G.R Terry dan Abuddin Natta teori pertama yaitu manajemen mencakup empat point diantaranya: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Teori yang kedua metode dalam membentuk akhlakul karimah mencangkup lima point diantaranya: metode keteladanan, metode cara paksa, metode pembiasaan, metode pemberian nasihat dan petode hukuman. Hasil dari penelitian ini bahwa metode lembaga kesejahteraan sosial anak panti asuhan dan rumah tahfiz “Raihan” dalam membentuk akhlakul krimah pada anak dalam proses pelaksanaan pencapaian tujuan tersebut sudah di laksanakan fungsi-fungsi manajemen sudah cukup baik mulai dari perencanaan terkait dengan metode dalam membentuk akhlauk karimah. Kedua mengnai faktor pengambatnya yaitu:kurangnya kesadaran dan perhatian anak akan pentingnya belajar akhlak, begitupun dengan karakter yang berbeda-beda ada yang cepat memahami dan ada yang sulit untuk memahami pada setiap anak sehingga itu akan mempersulit di dalam membentuk akhlaknya. Faktor pendukungnya yaitu: kesediaan ketua, pengurus dan pengajar dalam membantu agar terbentuknya akhlak yang baik terhadap anak asuh, ketua, pengurus dan pengajar semata-mata tidak hanya memberikan pengajaran tetapi juga memberikan contoh secara langsung kepada anak asuh, agar mereka dapat mencontohkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci : Metode, Manajemen, Akhlakul Karimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: NASTA DWI ANDINI
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:29
Last Modified: 07 Nov 2022 01:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23491

Actions (login required)

View Item View Item