Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Negeri 07 Merapi Barat Kabupaten Lahat

Dahlia, Yopi (2022) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Negeri 07 Merapi Barat Kabupaten Lahat. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI perbaikan YOPI DAHLIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Negeri 07 Merapi Barat Kabupaten Lahat”. Rumasan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SD Negeri 07 Merapi Barat Kabupaten Lahat dan apa saja faktor yang mempengaruhi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SD Negeri 07 Merapi Barat Kabupaten Lahat. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SD Negeri 07 Merapi Barat Kabupaten Lahat serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepala sekolah dalam meninkatkan profesionalisme guru di SD Negeri 07 Merapi Barat Kabupaten Lahat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dengan informan penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru dan Staff Tata Usaha. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru dan staff tata usaha sedangkan sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari dokumen-dokumen. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SD Negeri 07 Merapi Barat Kabupaten Lahat dikatakan sudah terlaksana dengan baik dilihat dari indikator strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru yaitu 1) Mendengarkan ide/saran dari para guru yaitu tentang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. 2) Menyelesaikan dan mengklarifikasi kesalahan pada pribadi kepala sekolah dan kesalahan guru yaitu tentang mengembangkan materi pelajaran yang diampu secara efektif. 3) Mengemukakan keinginan dan menjelaskan keinginan yaitu tentang mengusai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 4) Memberikan masukan dan berusaha memecahkan masalah guru yaitu tentang mengembangkan keprofesian secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. 5) Membagi tugas secara bersama (tidak monopoli) yaitu tentang pengusaan standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 6) Memberikan teladan yaitu tentang pemahaman terhadap IT (ilmu teknologi). 7) Bertindak sesuai dengan kemampuan guru yaitu tentang kemampuan bidang mata pelajaran yang diampu. 8) memberikan perhatian yang lebih terhadap yang rajin yaitu tentang mengembangkan materi pelajaran yang diampu secara efektif. Adapun faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru yaitu adanya kesadaran dan tanggung jawab dari guru serta semangat motivasi yang dimiliki guru. Sedangkan faktor penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru yaitu kondisi lembaga seperti kurangnya dana, sarana dan prasarana yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Yopi Dahlia -
Date Deposited: 13 Dec 2022 01:14
Last Modified: 13 Dec 2022 01:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23513

Actions (login required)

View Item View Item