BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) SEBAGAI INSTRUMEN PENDIDIKAN DEMOKRASI BAGI MASYARAKAT DESA (STUDI DI DESA BULANG KECAMATAN BELIMBING KABUPATEN MUARA ENIM)

Arsela, Tania (2022) BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) SEBAGAI INSTRUMEN PENDIDIKAN DEMOKRASI BAGI MASYARAKAT DESA (STUDI DI DESA BULANG KECAMATAN BELIMBING KABUPATEN MUARA ENIM). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI_TANIA ARSELA_1930702054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai instrumen pendidikan demokrasi bagi masyarakat Desa (studi di Desa Bulang Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim). Masyarakat Desa Bulang masih pasif dalam artian masih belum menyadari pentingnya keterlibatan masyarakat dalam perpolitikan serta belum adanya keterbukaan terhadap wakil masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana eksistensi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai instrumen pendidikan demokrasi bagi masyarakat Desa di Desa Bulang Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim dan juga bagaimana proses atau transisi masyarakat Desa Bulang Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim dalam menuju demokrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisa kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara, dokumentasi, serta observasi. Sumber data dari penelitian ini adalah Badan Permusyawaratan Desa, Pemerintahan Desa, Masyarakat yaitu Tenaga Kesehatan Desa, Tenaga Pendidik, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda atau Pemudi. Sumber data lainnya yaitu buku, jurnal dan internet. Peneliti menggunakan teori demokrasi perwakilan (Democracy Representative). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Badan Permusyawaratan Desa di Desa Bulang sudah menunjukan eksistensi mereka sebagai wakil dari masyarakat dalam melakukan pendidikan demokrasi dengan menjalankan tugas dan fungsi berdasarkan Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawaratan Desa dan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa sebagai pendidikan demokrasi bagi masyarakat Desa. Proses atau transisi masyarakat sudah berjalan menuju demokrasi walaupun belum sepenuhnya berdemokrasi. Kata Kunci: Badan Permusyawaratan Desa, Pendidikan, Demokrasi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:25
Last Modified: 11 Nov 2022 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23522

Actions (login required)

View Item View Item