Penerapan Teknik Thought Stopping Dalam Mengatasi Craving Pecandu Narkoba (Studi Kasus Klien "AE" di LPKA Klas 1 Palembang)

Sutrisno, Adi (2022) Penerapan Teknik Thought Stopping Dalam Mengatasi Craving Pecandu Narkoba (Studi Kasus Klien "AE" di LPKA Klas 1 Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI FULL BAB ADI SUTRISNO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Teknik Thought Stopping Dalam Mengatasi Terjadinya Craving Pecandu Narkoba (Studi Kasus Klien “AE” di LPKA Klas 1 Palembang)”. Craving pecandu narkoba atau keinginan untuk kembali menggunakan narkoba merupakan permasalahan yang hampir dialami setiap orang dalam kasus penyalahgunaan narkoba. tujuan analisis ini untuk mengetahui kondisi craving pada klien “AE”, mengetahui prosedur implementasi teknik thought stopping dalam mengatasi craving pada klien “AE”. Jenis penelitian ini jenis lapangan (field research). Analisis data menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Alat pengumpulan data yaitu pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu perjodohan pola, pembuatan penjelasan (eksplanasi data) dan analisis deret waktu. subjek penelitian ini adalah klien “AE” dan teman sebaya dari klien “AE”. Hasil penelitian mengenai gambaran kondisi craving pada klien “AE” yang tampak antara lain (gelisah, emosional tidak stabil, tertekan, frustasi, merasa putus asa, merasa malu, dan tidak disiplin). Proses penerapan teknik thought stopping dalam mengatasi terjadinya craving pada klien “AE” antara lain yakni langkah pertama membangun hubungan baik dengan klien, perumusan masalah, dan negosiasi kontrak. Pada tahap pertengahan melakukan identifikasi masalah yang dialami dan proses penerapan teknik thought stopping untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami konseli. Tahap akhir peneliti memberikan penilaian dan saran. hasil dari proses penerapan teknik thought stopping pada klien “AE” didapatkan bahwa ada perubahan yang terlihat dari gambaran kondisi klien “AE” seperti diri klien dapat mulai tenang,emosional pada klien “AE” terkadang masih timbul namun sudah bisa sedikit bisa dikontrol, dapat memahami keadaan dan situasi bagaimana harus menyikapinya, dapat berpikir jernih dan lebih terarah, secara perlahan dapat menerima orang baru, berangsur mencoba untuk dapat memulai bersosialisasi dan mengikuti kegiatan di LPKA seperti mengaji dan mengikuti agenda ceramah, mulai memahami pentingnya waktu dan memprioritaskannya yang sebelumnya sering terlambat dan terhambat dalam melakukan aktivitas pekerjaan. Kata kunci: Thought Stopping, Craving Narkoba, Pecandu Narkoba

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Thought Stopping, Craving Narkoba, Pecandu Narkoba
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: ADI SUTRISNO
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:09
Last Modified: 09 Mar 2023 03:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23625

Actions (login required)

View Item View Item