Efektivitas Majalah Bioteknologi Berbasis Al-Qur'an Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas XII MA Pondok Pesantren Darul Muttaqien

Diba, Hopipah Yuniana (2022) Efektivitas Majalah Bioteknologi Berbasis Al-Qur'an Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas XII MA Pondok Pesantren Darul Muttaqien. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
Bab I - Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran bisa membantu memberikan pemahaman ke peserta didik terhadap materi. Pada penelitian ini media yang digunakan berjenis media cetak yaitu majalah. Majalah ini mempunyai keunggulan yakni pada setiap materi bioteknologi dikaitkan dengan ayat Al-Qur’an dan Hadits. Hal tersebut juga dapat menumbuhkan rasa bersyukur kepada Allah SWT. Majalah bioteknologi berbasis Al-Qur’an ini diajarkan dengan meggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, model ini sangat cocok digunakan untuk materi bioteknologi karena peserta didik dapat memecahkan masalah yang ada dari setiap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas majalah bioteknologi berbasis Al-Qur’an dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik kelas XII MA Darul Muttaqien. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas XII MA Darul Muttaqien, teknik yang digunakan pada pengambilan sampel adalah Nonprobability Sampling, serta rancangan penelitian yakni Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sebagai sampel, kelas XII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII2 sebagai kelas kontrol masing-masing kelas mempunyai 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa seperangkat tes untuk mengukur kompetensi kognitif yang dilakukan diakhir penelitian. Lembar observasi digunakan untuk mengukur kompetensi afektif dan psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data pada kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotorik menggunakan program SPSS 25 dan ɑ 0,05. Apabila p < ɑ maka H1 diterima. Pada komptensi kognitif p 0,00 , kompetensi afektif p 0,00, dan kompetensi psikomotorik p 0,02 maka H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya efektivitas penggunaan majalah bioteknologi berbasis Al-Qur’an dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas XII MA Pondok Pesantren Darul Muttaqien terhadap kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Efektivitas, Majalah Bioteknologi berbasis Al-Qur’an, Problem Based Learning.
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Sekolah dan agama
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat > Biologi
Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: HOPIPAH YUNIANA DIBA
Date Deposited: 18 Nov 2022 04:09
Last Modified: 18 Nov 2022 04:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23639

Actions (login required)

View Item View Item