PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB SILSILAH TA'LIM ALLUGHAH AL'ARABIYAH DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Restriana, Aisyah (2022) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB SILSILAH TA'LIM ALLUGHAH AL'ARABIYAH DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (74kB)

Abstract

Aisyah Restriana, (1830204095). Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Kitab Silsilah Ta’lim Al-Lughah Al-‘Arabiyah dengan Pendekatan Konstruktivisme di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Pembimbing I Ibu Dr. Kristina Imron, Lc, M.Pd.I dan Pembimbing II Bapak Rendi Sabana, M.Pd.I 2022 Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan kurangnya penyesuaian guru terhadap pendekatan pembelajaran dengan karakteristik siswa dalam mengajarkan pendidikan bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab pada umumnya dilakukan dengan pendekatan konvensional. Yang mana siswa yang belajar lebih dipandang sebagai objek yang tidak mengetahui apa-apa, sehingga asumsi ini akhirnya melahirkan pembelajaran yang sekedar menyampaikan materi kepada siswa, siswa cenderung bersifat kaku dan monoton. Oleh karena itu, peneliti memilih media buku ajar yang berpedomankan dengan kitab silsilah ta’lim al-lughah al-‘arabiyah dan dengan diperlukan adanya perubahan menuju pembelajaran konstruktivisme yang berpusat pada siswa yaitu pembelajaran pendekatan konstruktivisme yang penerapannya dilakukakan secara berpasangan sehingga memudahkan siswa untuk mengajak berpikir, memahami materi pelajaran, dan mampu mengembangkan kamampuan berpikir siswa dalam mencapai hasil belajar yang lebih maksimal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan desain sequantial exploratory dimana pada tahap pertama penelitian menggunakan metode kualitatif dan pada tahap kedua metode kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi dan tes untuk mengukur kemampuan bahasa Arab siswa dan keefektifan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian Hasil dari penelitian ini yang diperoleh dengan menggunakan SPSS dengan uji wilcoxon didapatkan nilai Asymp Sig sebesar 0,000 dimana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 (Asymp Sig 0,000 < 0,05) maka hipotesis diputuskan Ha diterima dan Ho ditolak. Yakni ada perbedaan antara hasil belajar menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran bahasa Arab pada pre test dan post test dikelas eksperimen, dan juga bisa dilihat dari output ranks statistic bahwa terdapat perbedan nilai rata-rata yaitu pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Nilai rerata pre test sebesar 16,73 dan nilai rerata posttest sebesar 48,27. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran yang digunakan yaitu pendekatan konstruktivisme memberikan hasil yang lebih baik. Kata kunci : Pembelajaran Bahasa Arab, Kitab Silsilah Ta’lim Al-Lughah Al-‘Arabiyah, Pendekatan Konstruktivisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Abstrak
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: AISYAH RESTRIANA
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:16
Last Modified: 21 Nov 2022 03:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23672

Actions (login required)

View Item View Item