SISTEM ADAT DAN KONTESTASI POLITIK (Peran Meraje Dalam Pemilihan Kepala Desa Kemu Kecamatan Pulau Beringin Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun 2021)

OKAPIANES, YOKI (2022) SISTEM ADAT DAN KONTESTASI POLITIK (Peran Meraje Dalam Pemilihan Kepala Desa Kemu Kecamatan Pulau Beringin Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun 2021). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
YOKI OKAPIANES 1830702050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini mengkaji serta melihat konsep Meraje dalam konteks politik praktis pada Pemilihan Umum Kepala Desa Kemu Tahun 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2021 yang terdiri dari 4 (empat) Calon kandidat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Meraje dalam konteks politik praktis pada Pemilihan Umum Kepala Desa Kemu Tahun 2021. Tipe penelitian ini adalah deskriptip dengan pendekatan analisis kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi. Meraje adalah pemimpin dalam keluarga yang merupakan kebudayaan daerah Semende, penelitian ini menggunakan teori budaya politik menurut Gabriel Almond dan Bingham Powell jr yang merupakan budaya politik sebagai suatu konsep yang terdiri dari sikap, keyakinan, perasaan, nilai-nilai dan keterampilan yang berlaku bagi seluruh anggota masyarakat, yang melihat konsep Meraje sebagai politik praktis dan terdapat tiga pembahasan. pertama, pentingnya doa dan restu serta dukungan dari Meraje bagi calon kandidat, dimana 4 calon kandidat yang terpilih mendatangi Meraje untuk meminta doa dan restu serta dukungan dari Meraje. Kedua, peranan Meraje dalam mempromosikan calon kandidat yang didukung kepada bwahannya dan masyarakat, dalam menjalankan perannya Meraje dari masing-masing kandidat memberikan saran dan arahan kepada bawahannya untuk memilih kandidat yang Meraje dukung dengan cara mengumpulkan apit jurai di kediaman tunggu tubang. ketiga, serta Meraje dan politik praktis di desa Kemu, para bawahan Meraje seperti Anak Belai, Tunggu Tubang, Apit Jurai cenderung mengikuti saran dan arahan Meraje dikarenakan mereka masih sangatmenghormati Meraje Kata Kunci: Pilkades. Meraje. Politik Praktis

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2022 00:59
Last Modified: 23 Nov 2022 00:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23710

Actions (login required)

View Item View Item