ANALISA PUTUSAN HAKIM PENGADILAN TINGGI AGAMA PALEMBANG PERKARA NOMOR 35/Pdt.G/2018/PTA.Plg DAN PUTUSAN HAKIM PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDUNG PERKARA NOMOR 162/Pdt.G/2018/PTA.Bdg TENTANG WASIAT WAJIBAH ANAK ANGKAT.

Ayu lestari, intan (2022) ANALISA PUTUSAN HAKIM PENGADILAN TINGGI AGAMA PALEMBANG PERKARA NOMOR 35/Pdt.G/2018/PTA.Plg DAN PUTUSAN HAKIM PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDUNG PERKARA NOMOR 162/Pdt.G/2018/PTA.Bdg TENTANG WASIAT WAJIBAH ANAK ANGKAT. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
skrip intan ayu lestari.docx
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berlatar belakang bahawa seorang anak angkat tidak bisa mendapatkan harta waris dari orang tua angkatnya dikarenakan tidak memiliki hubungan darah diantara mereka oleh sebab itu adanya wasiat wajibah untuk diberikan kepada anak angkat. Permasalahan yang di jadikan intisari dari penelitian ini ialah : Bagaimana pertimbangan hakim pengadilan tinggi agama Palembang pada putusan perkara Nomor 35/Pdt.G/2018/PTA.Plg. dan Bagaiamana pertimbangan hakim pengadilan tinggi agama bandung pada putusan perkara Nomor 162/Pdt.G/2018/PTA.Bdg tentang wasiat wajiabah anak angkat.Metodelogi yang dianut dalam mengumpulkan data dan analisa data yang di perlukan, guna menjawab persoalan yang dihadapi. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif keperpustkaan (library research ).Jenis penelitian ini dilakukan dengan cara mengkaji dan menelaah berbagai sumber yang bersifat dokumen baik berupa buku atau tulisan lainnya yang berhubungan dengan pembahasan analisa putusan hakim pengadilan agama tentang wasiat wajibah anak angkat. penulis melakukan pendekatan terhadap masalah dengan “metode normatif”, yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka. Peneliti menggunakan putusan hakim pengadilan tinggi agama yang merupakan pokok dari permasalahan atau konteks tentang wasiat wajibah anak angkat yaitu Putusan Pakim Pengadilan Tinggi Agama Palembang perkara Nomor 35/Pdt.G/2018/PTA.Plg dan Putusan Pengadilan Tinggi Agama Bandung Perkara Nomor 162/Pdt.G/2018/PTA.Bdg. dalam penganalisaan kedua putusan penulis telah menemukan ketentuan ang di berikan hakim setelah melakukan pertimbangan , pada putusan perkara Nomor 35/Pdt.G/2018/PTA.Plg hakim memberikan kebijakan bahwa anak angkat di berikan bagian 1/6 dari harta peninggalan ibu angkat dan 1/6 dari harta peninggalan ayah angkat dan pada ptusan perkara Nomor 162/Pdt.G/2018/PTA.Bdg hakim memberikan kebijakan bahwa setiap anak angkat masing-masing mendapatkan 1/6 bagian dari harta peninggalan ayah angkat dan 1/6 bagian dari harta peninggalan ibu angkat. Kata kunci : Analisa,Putusan,Pengadilan Tinggi Agama,Wasiat Wajibah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisa,Putusan,Pengadilan Tinggi Agama,Wasiat Wajibah
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Sistem-sistem hukum > Hukum islam
Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: INTAN AYU LESTARI
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:36
Last Modified: 28 Nov 2022 02:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23736

Actions (login required)

View Item View Item