STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL KETUA ADAT DALAM MELESTARIKAN TRADISI LISAN PISAAN (STUDI PADA KELURAHAN PAKU SENGKUNYIT OKU TIMUR)

Andira, Aditiya (2022) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL KETUA ADAT DALAM MELESTARIKAN TRADISI LISAN PISAAN (STUDI PADA KELURAHAN PAKU SENGKUNYIT OKU TIMUR). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI ADITIYA ANDIRA 1830701028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi interpesonal dan hambatan-hambatan ketua adat dalam melestarikan tradisi lisan. Dengan metodelogi penelitian jenis penelitian field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi langsung, wawancara kepada beberapa anggota lembaga adat, dokumentasi dan analisis data. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi interpersonal menurut Effendy. Hasil penelitian ini yaitu strategi komunikasi interpesonal strategi komunikasi interpersonal ketua adat di keluarahan paku sengkunyit berdasarkan pada teori Effendy, yaitu adanya keterbukaan anatara ketua adat dan masyarakat setempat, adanya empati saling memahami antara ketua adat, masyarakat dan pesan yang disampaikan adanya perilaku suportif (Suportiveness) dengan adanya komunikasi tersebut dapat terlihat adanya bentuk saling mendukung, adanya perilaku positif (Positiviness) dalam hal ini perasaan positif akan berguna dan bermanfaat sebagai ke efektifan antar komunikasi, dan Kesamaan (Equality) Efek dari pesan yang disampaikan oleh komunikator terjadi dengan komunikan sebagai tujuan komunikasi adalah adanya kesamaan. Faktor penghambat dalam strategi komunikasi interpersonal ketua adat di Kelurahan Paku Sengkunyit, yaitu gangguan semantik, berupa tradisi lisan yang disampaikan tentu tidak semua pendengar paham akan maknanya, kepentingan yang berkaitan kebudayaan maka ia akan mencari hal terkait kebudayaan daerah, komunikator mengabaikan komunikasi yang tidak sesuai dengan motifnya karena komunikator lebih fokus pada motivasinya, dan perasangka salah satu rintangan dan juga halangan terbesar dalam aktivitas suatu komunikasi. Kata kunci : Adat, Budaya, komunikasi, Pelestarian

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:39
Last Modified: 28 Nov 2022 02:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23738

Actions (login required)

View Item View Item