Pengembangan Vlog Pembelajaran Matematika Dengan Konteks Zakat Mal Pada Materi Bentuk Aljabar

Utami, Rini (2022) Pengembangan Vlog Pembelajaran Matematika Dengan Konteks Zakat Mal Pada Materi Bentuk Aljabar. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
JILID SKRIPSI RINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan video vlog pembelajaran matematika dengan konteks zakat mal pada materi bentuk aljabar, serta menghasilkan media vlog pembelajaran yang dapat memiliki daya tarik terhadap penggunaan media dan memiliki efek potensial terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah design research tipe development study yang terdiri dari 2 tahapan yaitu tahap prelimenary dan tahap prototyping menggunakan alur formatif evaluation (self evaluation, expert review, one-to-one, small group dan field test). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan hasil jawaban siswa. Subjek penelitian yakni siswa kelas VII.6 SMP Negeri 1 Lempuing Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah layak digunakan dan keterkaitan antar materi dengan konteks sudah sesuai berdasarkan hasil validasi ahli dan mempunyai daya tarik peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran serta media pembelajaran mempunyai efek potensial terhadap minat belajar siswa berdasarkan uji N-gain angket pretest-posttest yang mendapatkan skor 0,649 dan termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: Vlog pembelajaran, Bentuk Aljabar, Zakat Mal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Vlog Pembelajaran, Bentuk Aljabar, Zakat mal
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: RINI UTAMI
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:15
Last Modified: 17 Jan 2023 01:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23756

Actions (login required)

View Item View Item