ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL

PAISAL, MUHAMAD (2022) ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL. Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I - V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL ABSTRAK Universitas Sumatera Selatan merupakan salah satu lembaga pendidikan Perguruan Tinggi Swasta yang ada di kota Palembang yang menerapkan dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam penyampaian ilmu pengetahuan dan informasi akademik. Dalam penerapannya, Sistem Informasi Akademik yang ada di Universitas Sumatera Selatan memiliki beberapa permasalahan, diantaranya pada fitur dan tampilan masih perlu dikembangkan, sering terjadi error/kesalahan saat membuka menu di akun simak, saat log out sering error/gagal, sehingga dirasakan perlu untuk dilakukan pengukuran kualitas layanan pada sistem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis kualitas layanan sistem informasi akademik berdasarkan kepuasan pengguna dengan menggunakan metode Servqual. Metode Servqual yang digunakan dalam penelitian ini dianggap tepat karena memiliki fokus pada 5 (lima) dimensi adalah Tangibles, Reliability, Responsiviness, Assurance, dan Empathy. Data penelitian ini diperoleh dari 250 responden Mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Selatan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kualitas layanan secara keseluruhan yaitu sebesar 0.11 yang berarti layanan dikatakan berkualitas dan memuaskan, akan tetapi pada dimensi Reliability memiliki nilai terendah dengan nilai -0.01 yang berarti layanan dikatakan tidak berkualitas dan tidak memuaskan. Maka dari itu kualitas layanan pada dimensi tersebut perlu ditingkatkan lagi. Kata Kunci : Kualitas Layanan, Sistem Informasi Akademik, Metode Servqua

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Sistem Informasi Akademik, Metode Servqual
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 57201 - Sistem Informasi
Depositing User: MUHAMMAD PAISAL
Date Deposited: 28 Nov 2022 01:43
Last Modified: 28 Nov 2022 01:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23781

Actions (login required)

View Item View Item