Hubungan Kompetensi Guru dan Peran Orang Tua Terhadap Terhadap Hasil Belajar Siswa di MIN Se-Kota Palembang

Aquami, Aquami and Tutut, Handayani (2018) Hubungan Kompetensi Guru dan Peran Orang Tua Terhadap Terhadap Hasil Belajar Siswa di MIN Se-Kota Palembang. JIP:Jurnal Ilmiah PGMI, 4 (1).

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak:Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik dalam jalur formal. Guru dalam menjalankan fungsinya diantaranya berkewajiban untuk menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dialogis, dan memberikan motivasi kepada siswa dalam membangun gagasan, prakarsa, dan tanggung jawab siswa untuk belajar. Begitu juga peran orang tua. Orang tua tidak hanya bertugas memberikan secara financial dan hanya berkewajiban menyekolahkan tetapi juga ada tanggungjawab untuk membimbing, mengarahkan dan memfasilitasi anaknya untuk belajar dan menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar dirumah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, adapun metode dalam penelitian ini menggunakan metode survey. Dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan sampel pada siswa di MIN se-Kota Palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah: Kompetensi Guru (X1), Peran Orang Tua (X2), Hasil Belajar (Y). Teknik pengumpulan data akan dilakukan dengan wawancara, angket, observasi dan gabungan dari ketiganya. Selanjutnya untuk analisis data peneliti menggunakan uji korelasi ganda (multiple Correlate). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu berdasarkan data yang didapatkan dari hasil penelitian terlihat bahwa rata-rata kompetensi guru di MIN 1 adalah 164.58 yang tergolong dalam kategori baik, kemudian rata-rata kompetensi guru di MIN 2 adalah 169.7 yang tergolong dalam kategori sangat baik. Selanjutnya berdasarkan data yang didapatkan dari hasil penelitian terlihat bahwa rata-rata peran orang tua di MIN 1 adalah 79.34 yang tergolong kategori baik, kemudian rata-rata peran orang tua di MIN 2 adalah 81.9 yang tergolong dalam kategori baik. Kemudian hasil perhitung didapat Fhitung = 3.933039 dan Ftabel = 3.443357, maka yaitu dengan demikian maka, kesimpulannya yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi guru dan peran orang tua terhadap hasil belajar siswa MIN 1 Palembang, kemudian Hasil perhitung didapat Fhitung = 3.933039 dan Ftabel = 3.443357, maka yaitu dengan demikian maka, kesimpulannya yaitu terdapat hubungan yang signifikan anta

Item Type: Article
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x7 Filsafat Islam dan Perkembangannya
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:36
Last Modified: 29 Nov 2022 03:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23840

Actions (login required)

View Item View Item