Abdul Aziz, Andi (2022) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI - NILAI AGAMA KEPADA SISWA (Studi Kasus SMA Islam Al-Amalul Khair). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Text
Skripsi Andi Abdul Aziz 1657010015.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pentingnya pendidikan keagamaan sejak usia dini adalah untuk mencegah dan menghindari Siswa/Siswi dari kenakalan remaja. Ditinjau dari proses komunikasi, pendidikan merupakan bagian dari komunikasi, yaitu proses pengajaran yang melibatkan dua komponen yang terdiri dari guru sebagai komunikator dan siswa sebagai komunikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan guru dalam menanamkan nilai-nilai agama di SMA Islam Al Amalul Khair Bukit Besar Palembang. Permasalahan ini akan dijawab mengunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini diambil dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pihak sekolah, penelitian ini mengunakan setrategi komunikasi. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh guru SMA Islam Al Amalul Khair dengan melakukan identifikasi tes masuk, pesan guru memberikan motivasi, pengetahuan mendasar hingga pembiasaan dalam praktek langsung, dan menyampaikan pesan both side issue. Hasil dari penelitian ini, strategi komunikasi yang dilakukan guru adalah redundancy, informatif, edukatif, persuasif dan coursive. Dalam penggunaan media guru menggunakan sound system, audio visual dan Al-Qur’an. Agar program kegiatan dapat berjalan lancar dan mendapat respon baik dari siswa. Program tersebut berupa shalat dhuha, shalat zuhur berjamaah, tahsin tahfidz qur’an juz 30, mabit tahun baru Islam, tahfidz kontes, khotmil qur’an dan pesantren ramadhan. Kata kunci: Agama, Guru, Nilai, Sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 03:47 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 03:47 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23841 |
Actions (login required)
View Item |