TINJAUAN MAQĀȘHID SYARĪ’AH TERHADAP PEMAHAMAN MASYARAKAT MENGENAI HUKUM ‘AZL (STUDI KASUS DI DESA TANJUNG BERINGIN KECAMATAN KOTA AGUNG KABUPATEN LAHAT)

MUHAMAD, VALERY (2022) TINJAUAN MAQĀȘHID SYARĪ’AH TERHADAP PEMAHAMAN MASYARAKAT MENGENAI HUKUM ‘AZL (STUDI KASUS DI DESA TANJUNG BERINGIN KECAMATAN KOTA AGUNG KABUPATEN LAHAT). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI_VALI.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI_VALI.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI_VALI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI_VALI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI_VALI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI_VALI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI_VALI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN SKRIPSI_VALI.pdf

Download (676kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ‘Azl adalah senggama terputus disebut dalam istilah medis dengan istilah coitus interruptus, merupakan istilah yang digunakan untuk menamakan perbuatan suami mengeluarkan sperma di luar vagina istri. Salah satu perkembangan hukum ‘azl adalah program keluarga berencana (KB). penelitian ini mengangkat tema dengan judul skripsi “Tinjauan Maqāșhid syarī’ah Terhadap Pemahaman Masyarakat Mengenai Hukum ‘azl (Studi Kasus Di Desa Tanjung Beringin Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat)”. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman masyarakat mengenai hukum ‘azl serta tinjauan maqāșhid syarī’ah terhadap praktik pencegahan kehamilan yang terjadi di masyarakat Desa Tanjung Beringin. Untuk menggali permasalahan ini secara lebih dalam dan menyeluruh, peneliti menerapkan pendekatan hukum normatif serta memakai metode kualitatif, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi yang bertujuan untuk memberikan informasi, fakta, serta data yang berkaitan dengan bagaimana pemahaman masyarakat mengenai hukum ‘azl serta praktik pencegahan kehamilan yang terjadi pada masyarakat Desa Tanjung Beringin. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang terdiri dari 15 pasangan pengguna KB, 1 orang tokoh agama, 1 orang bidan desa dan 8 (delapan) orang masyarakat yang tidak mengikuti KB. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa. (1) Beragam pemahaman masyarakat desa Tanjung Beringin mengenai hukum ‘azl dalam upaya pencegahan kehamilan ada yang mengatakan boleh ada juga yang mengatakan tidak boleh. Selain dari itu sebagian besar dari masyarakat Desa Tanjung Beringin khusus akseptor KB hampir 85% belum memahami mengenai dasar-dasar hukum ‘azl dan KB. Akan tetapi meskipun secara teori (dasar hukum) masih banyak yang belum paham dan mengerti, secara praktik dalam upaya pencegahan kehamilan seperti dalam memilih metode kontrasepsi mana yang diperbolehkan dan yang dilarang dalam Islam sudah ada sebagian dari masyarakat yang memahami, hal tersebut berlandaskan pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang kebolehan menggunakan metode KB jika tujuannya untuk menjarangkan kehamilan seperti suntik KB, Implan (susuk KB), pil KB, kondom dll. (2) Praktik pencegahan kehamilan yang terjadi pada masyarakat Desa Tanjung Beringin merupakan tindakan untuk menghindari hal-hal yang akan mengancam keselamatan (dharurriyāt) yaitu jiwa ibu (ḥifz al-nafs) dan calon bayi (ḥifz al-nasl) yang akan dilahirkan. Dan juga hal-hal yang menimbulkan kesulitan (ḥajiyyāt). Kata Kunci : ‘Azl, Masyarakat, Maqāșhid syarī’ah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : ‘Azl, Masyarakat, Maqāșhid syarī’ah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: Muhamad Valery -
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:45
Last Modified: 02 Dec 2022 03:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23864

Actions (login required)

View Item View Item