PEMANFAATAN SMARTPHONE DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA ANAK-ANAK DI RUKUN TETANGGA (RT) KECAMATAN ILIR BARAT KOTA PALEMBANG

Rizkie Baroqah, Muhammad (2022) PEMANFAATAN SMARTPHONE DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA ANAK-ANAK DI RUKUN TETANGGA (RT) KECAMATAN ILIR BARAT KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD RIZKIE BAROQAH_1730701132.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran online pada anakanak di Rukun Tetangga (RT) Ilir Barat Palembang merupakan suatu aktivitas yang berperan aktif dilakukan oleh anak-anak dalam pembelajaran online dari rumah. Dengan kemajuan teknologi sekarang, dimana dengan aplikasi-aplikasi yang dilakukan untuk pembelajaran online menekuk seluruh aspek baik itu pendidikan, informasi, perkembangan wawasan, dan mempermudah anak dalam belajar jarak jauh pada saat pandemi yang mampu memfasilitasi kewajiban anak belajar online lewat aplikasi-aplikasi zoom, classroom, dan sebagainya. Smartphone mampu mempermudah anak-anak mengakses pengetahuan maupun informasi dalam belajar mandiri tanpa harus ada pembimbingnnya. Penelitian ini menggunakan teori proses belajar dan perubahan perilaku. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran online pada anak-anak di Rukun Tetangga (RT) kecamatan ilir barat Palembang yaitu anak-anak dapat memanfaatkan smartphone dengan baik, dimana mereka sudah bisa meggunanakan aplikasi zoom, google claasroom, maupun yang lainnya dengan baik, dengan mencari stimulasi-stimulasi dari youtube membuat anak-anak di Rukun Tetangga (RT) dengan mudah mengakses pembelajaran online lewat smartphone mereka. Cara Orang Tua Dalam Membimbing Prilaku Anak Dalam Menggunakan Smartphone Di Rt (Rukun Tetangga) Kecamatan Ilir Barat Palembang ialah Orang tua sebisa mungkin mengontrol anaknya dalam menggunakan smartphone, Orang tua memberikan stimulasi-stimulasi dalam tahapan penggunaan zoom dalam pembelajaran online, Orang tua membataskan penggunaan smartphone dan hanya untuk belajar, Orang tua memberikan aplikasi-aplikasi berupa kreativitas anak, agar anak bias memanfaatkan smartphone untuk hal yang lebih positif. Kata Kunci : Pemanfaatan, Smartphone, Pembelajaran Online.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:48
Last Modified: 02 Dec 2022 03:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23870

Actions (login required)

View Item View Item