KOMUNIKASI POLITIK DALAM PEMILIHAN CALON ANGGOTA LEGISLATIF (Studi Terhadap Keterpilihan Ali Subri Sebagai Anggota DPRD Kota Palembang Periode 2019-2024)

ARAS, ARAS (2022) KOMUNIKASI POLITIK DALAM PEMILIHAN CALON ANGGOTA LEGISLATIF (Studi Terhadap Keterpilihan Ali Subri Sebagai Anggota DPRD Kota Palembang Periode 2019-2024). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI ARAS (1810702003).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang komunikasi politik dalam pemilihan calon anggota legislatif (studi terhadap keterpilihan Ali Subri sebagai anggota DPRD Kota Palembang periode 2019-2024). Pemilihan calon legislatif 2019 merupakan panggung politik bagi mereka yang berambisi untuk duduk di kursi parlemen, seluruh caleg berlombalomba merebut hati konstituen dengan cara dan strategi masing-masing termasuk Ali Subri yang berhasil menjabat selama 3 periode dan memperoleh suara terbanyak kedua setelah Zainal Abidin dalam pemilihan legislatif Kota Palembang, kemenangan ini tidak luput dari strategi yang telah diterapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan strategi kampanye Ali Subri dalam memenangkan kursi legislatif tahun 2019 di Kota Palembang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi kampanye Ali Subri dalam memenangkan kursi legislatif tahun 2019 di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang, tim sukses, dan simpatisan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan didukung dengan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi politik dalam konteks strategi kampanye politik berdasarkan indikatorindikator konsep teori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kampanye yang dilakukan oleh Ali Subri dilakukan dengan empat langkah yaitu penetapan komunikator, menetapkan target sasaran, menyusun pesan-pesan kampanye dan pemilihan media terbukti berjalan dengan baik dan berhasil memenangkan pemilu legislatif tahun 2019 di Kota Palembang. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan adalah tim sukses yang solid, modal sosial, dan petahana (incumbent). Kata Kunci: Strategi, Kampanye, Pemilihan Legislatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:49
Last Modified: 02 Dec 2022 03:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23890

Actions (login required)

View Item View Item