PENGARUH TRENDING TOPIC PILPRES 2019 DI TWITTER TERHADAP OPINI MAHASISWA PRODI ILMU POLITIK FISIP UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Chariwinata, Fernanda (2022) PENGARUH TRENDING TOPIC PILPRES 2019 DI TWITTER TERHADAP OPINI MAHASISWA PRODI ILMU POLITIK FISIP UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
A COVER NANDA.docx

Download (45kB)
[img] Text
A ABSTRAK NANDA.docx

Download (56kB)
[img] Text
A BAB 1-5 NANDA.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
A DAFTAR PUSTAKA NANDA.docx

Download (240kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Trending Topic Pilpres 2019 di Twitter Terhadap Opini Politik. Penelitian ini melibatkan responden yang merupakan mahasiswa prodi dan 2019 sebanyak 58 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah Trending Topic Pilpres 2019 (X) dan Opini Mahasiswa (Y). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Framing Media oleh Beterson, Goffman, Pan, dan Kosicki, serta Teori Masyarakat Massa oleh Ginner.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatif model regresi linear sederhana. Pengolahan data diproses menggunakan software SPSS 21. Nonprobability, kemudian Conveniene sampling. Berdasarkan hasil penelitian, gambaran opini mahasiswa prodi ilmu politik UIN Raden Fatah terhadap trending topik pilpres 2019 di twitter adalah bahwa masing-masing variabel X memiliki TCR di antara 65%-91% yang artinya angka tersebut menunjukkan kategori kuat-sangat kuat, begitu pula dengan variabel Y memiliki TCR di antara 76,2%-87,5% yang berarti angka tersebut juga menunjukkan kategori kuat-sangat kuat, sehingga kelima belas indikator tersebut mampu merepresentasikan opini mahasiswa prodi ilmu politik Fisip UIN Raden Fatah Palembang. Dari hasil perhitungan R^2, di dapatkan nilai sebesar 0,352. dari angka tersebut telah membuktikan bahwa 35% variabel Opini Mahasiswa dipengaruhi oleh variabel Trending Topic Pilpres 2019, sedangkan sisanya 65% dipengaruhi oleh variabel lain dari luar penelitian. Kata Kunci : Trending Topic, Opini Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Trending Topic, Opini Mahasiswa.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: FERNANDA CHARIWINATA
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:54
Last Modified: 07 Dec 2022 02:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23955

Actions (login required)

View Item View Item