PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 16 PALEMBANG

Aisyah Almardiah, Siti (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 16 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media phet terhadap hasil belajar fisika peserta didik, penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 16 Palembang tahun ajaran 2021/2022 . Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain yaitu pretets-posttest control group design dengan teknik pengambilan sample yang digunakan pada penelitian ini ialahpurposive sampling. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kelas X IPA, dengan menggunakan dua kelas yang berperan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan jumlah peserta didik sebanyak 80 orang. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan pada ranah kognitif setelah diberikan treatment dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Media PhET menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai posttest yang diperoleh sebesar 81 dengan persentase kenaikan sebesar 34,5% Berdasarkan hasil outputuji independent samples t test didapatkan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 yang artinya terdapt perbdaan signifikansi hasil belajar peserta didik antara kelas kontrol dan eksperimen. yang dimana Ha diterima itu berarti Ho ditolak. Maka dari itu menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Media PhET terhadap hasil belajar fisika kelas X SMA Negeri 16 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Kumpulan Karya Umum, Kutipan, Koleksi Abstrak Umum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: SITI AISYAH ALMARDIAH 1730209041
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:30
Last Modified: 15 Dec 2022 03:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24005

Actions (login required)

View Item View Item