KONGRES ULAMA SE-INDONESIA DI PALEMBANG TAHUN 1377 H/ 1957 M Studi Kasus Pengaruh Kongres Ulama Se-Indonesia 1377 H/ 1957 M di Palembang terhadap Ulama di Palembang

Fadli, Riyan (2021) KONGRES ULAMA SE-INDONESIA DI PALEMBANG TAHUN 1377 H/ 1957 M Studi Kasus Pengaruh Kongres Ulama Se-Indonesia 1377 H/ 1957 M di Palembang terhadap Ulama di Palembang. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Skripsi Riyan Fadli.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Secara umum, diadakannya kongres ulama Se-Indonesia ini adalah bentuk dari protes ulama se- Indonesia atas adanya ideologi Komunis, dengan tujuan agar dapat melawan ideologi Komunis. Ideologi komunis dianggap bertentangan dengan Indonesia sebagai sebuah negara yang menganut dasar negara Pancasila menjadi landasan terjadinya kongres ulama se- Indonesia 1377H/ 1957 M. Pergulatan ini perlu untuk dilihat pengaruh secara historikal kepada para ulama dalam kongres ulama Se- Indonesia di Palembang 1377 H/ 1957 M dan pengaruhnya dalam menyikapi ideologi komunis. Pada konteks inilah penulis merasa perlu untuk meneliti kongres ulama se- Indonesia di Palembang tahun 1377 H/ 1957 M: studi kasus pengaruh kongres ulama se- Indonesia 1377 H/ 1957 M di Palembang terhadap ulama di Palembang.” Selanjutnya akan difokuskan kepada (1) Bagaimana latar belakang terjadinya kongres ulama se- Indonesia di Palembang tahun 1377 H/ 1957 M ? (2) Bagaimana hasil kongres ulama se-Indonesia di Palembang tahun 1377 H/ 1957 M ? (3) Bagaimana Pengaruh kongres ulama se- Indonesia terhadap ulama di Palembang? Adapun dalam penelitian ini penulis menggunakan teori fungsional Talcott Parsons tentang perubahan sosial. Perubahan sosial menurut Talcott Parsons dianalogikan sama halnya perubahan terhadap tumbuhan. Perubahan terjadi karena adanya proses diadaptasinya sebuah struktur-struktur sosial yang kemudian menjadi budaya. Pada prosesnya, perubahan yang terjadi dalam kelompok sosial terkait kepentingan sebuah organisasi. Terlebih pada konteks perubahan dapat terjadi karena anggota dari kelompok telah menyepakati sistem sosial tersebut. Teori perubahan sosial yang digagas oleh parsons tersebut nantinya akan dipakai pada pembacaan spesifik terhadap hasil dari kongres atau muktamar ulama se-Indonesia di Palembang pada tahun 1957 untuk menentukan tahapan apa saja yang terjadi pada kongres muktamar ulama se-Indonesia tersebut jika dikaitkan pada perubahan sosial yang digagas oleh Parsons tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah, Latar belakang kongres muktamar ulama se-Indonesia di Palembang pada tahun 1377 H/1957 M, adalah sebagai narasi balasan terhadap Partai Komunis Indonesia yang membawa ideologi komunis dalam menyebarkan pengaruh penyebaran ideologi yang dinilai berseberangan dengan ideologi Pancasila khususnya dan dengan ajaran Islam umumnya. Beberapa hasil kongres ulama se- Indonesia di Palembang tahun 1377 H/ 1957 M di antaranya adalah: ajaran komunisme adalah kufur hukumnya, yang akan berdampak pada pelaksanaan syariat Islam kepada sertiap muslim yang menganutnya ukhuwah islamiyah, pembelaan Islam terhadap serangan atheisme, menuju persatuan ulama se-Indonesia, rencana pembangunan Islam. Dari keputusan tersebut, memperlihatkan proses perubahan yang adaptif, bertujuan, berkepentingan, berkesinambungan terhadap nilai-nilai keberanian para ulama untuk berdakwah secara simultan. Kata-kata kunci: -Kongres, -Ulama, - Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 900 Sejarah dan Geografi > Sejarah (Umum)
Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 80230 - Sejarah Peradaban Islam (S1)
Depositing User: RIYAN FADLI
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:00
Last Modified: 15 Dec 2022 02:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24037

Actions (login required)

View Item View Item