RENCANA REVITALISASI LAHAN PULAU KEMARO DAN IMPLIKASINYA BAGI KESEJAHTERAAN UMAT ISLAM DI PALEMBANG (Analisis Politik Ekonomi Model Pertumbuhan Ekonomi Dari Pinggir Ke Tengah)

Ramadhan, Muhammad Rizki (2022) RENCANA REVITALISASI LAHAN PULAU KEMARO DAN IMPLIKASINYA BAGI KESEJAHTERAAN UMAT ISLAM DI PALEMBANG (Analisis Politik Ekonomi Model Pertumbuhan Ekonomi Dari Pinggir Ke Tengah). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
M. Rizki Ramadhan_Full_Skripsi-1-2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kajian Politik Islam Prodi Politik Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang Skripsi, 2022 Muhammad Rizki Ramadhan, Rencana Revitalisassi Lahan Pulau Kemaro Dan Implikasinya Bagi Kesejahteraan Umat Islam Di Palembang (Analisis Politik Ekonomi Model Pertumbuhan Ekonomi Dari Pinggir Ke Tengah) 65 Halaman + Lampiran Penelitian ini berjudul Revitalisassi Lahan Pulau Kemaro Dan Implikasinya Bagi Kesejahteraan Umat Islam Di Palembang (Analisis Politik Ekonomi Model Pertumbuhan Ekonomi Dari Pinggir Ke Tengah). Pulau Kemaro merupakan Pulau yang terletak di aliran sungai Musi dengan jarak dari pusat Kota Palembang 6 Km. Pulau ini akan di Revitalisasi oleh Pemerintah Kota Palembang guna menata kawassan Pulau Kemaro Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif dan data primer dalam penelitian ini ialah berasal dari Dinas Pariwisata Kota Palembang, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kota Palembang, sedangkan data sekundernya ialah buku-buku, jurnal-jurnal, dokumentasidan informasi yang didapat dari instansi yang terkait dalam permasalahan penelitian. Teknik penelitian pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa rencana revitalisasi lahan Pulau Kemaro yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palembang dalam rencananya akan dijadikan wisata terpadu yang dalam hal ini menggabungkan wisata alam serta pengalaman kehidupan masyarakat Pulau Kemaro. Pemerintah Kota Palembang menerapkan konsep 3A yakni: Atraksi (hal yang akan ditampilkan kepada wisatawan), Akses (mempermudah transportasi menuju Pulau Kemaro), Aminitas (Sarana dan Prasarana Pendukung yang akan dibuat di Pulau Kemaro). Implikasi dengan adanya rencana revitalisasi lahan Pulau Kemaro ini dapat menarik para wisatawan berkunjung ke Kota Palembang serta dapat berdampak pada meningkatnya ekonomi masyarakat Pulau Kemaro khususnya dan masyarakat Islam Kota Palembang pada umumnya. Kata Kunci : Revitalisasi, Ekonomi Politik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Penelitian dilakukan di Pulau Kemaro Kota Palembang
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Revitalisasi, Ekonomi Politik
Subjects: Adab dan Humaniora > Politik Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam
Depositing User: MUHAMMAD RIZKI RAMADHAN 1820404042
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:54
Last Modified: 15 Dec 2022 02:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24067

Actions (login required)

View Item View Item