FENOMENA PENGOBATAN ALTERNATIF MELALUI MEDIA AIR (STUDI ATAS PENGOBATAN TRADISIONAL PAK RIDI DI DESA SERI KEMBANG KECAMATAN PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR)

Lestari, Mia (2022) FENOMENA PENGOBATAN ALTERNATIF MELALUI MEDIA AIR (STUDI ATAS PENGOBATAN TRADISIONAL PAK RIDI DI DESA SERI KEMBANG KECAMATAN PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Slideshow
SKRIPSI MIA LESTARI 1830301041. FIKS sekali DAN BETUL SEKALI OLALA.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengangkat tema pembahasan mengenai Pengobatan Alternatif Melalui Media ( Studi Atas Pengobatan Tradisional Pak Ridi di Desa Seri Kembang I Kec. Payaraman Kab. Ogan Ilir). Adapun yang melatar belakangi skripsi ini yaitu dimana pengobatan alternatif ini adalah salah satu pengobatan yang dapat menyembuhkan penyakit dan sampai sekarang pengobatan alternatif masih banyak dipilih oleh pasien. Masyarakat Seri Kembang I mempercayai adanya khasiat air yang telah dido’akan dan dalam hal ini agama tentunya mempunyai peranan penting. Berdasarkan masalah tersebut dapat dirumuskan pokok-pokok masalah sebagai berikut (a) bagaimana pelaksanaan pengobatan alternatif Pak Ridi melalui media air di desa seri kembang kec. Payaraman kab. Ogan ilir (b) Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan masyarakat mempercayai pengobatan itu. Dengan kuasa Allah masyarakat akan mendapatkan kesembuhan. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang bersifat menggambarkan tentang suatu objek penelitian. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diambil langsung dari wawancara dengan Pak Ridi serta masyarakat yang melakukan pengobatan di Desa Seri Kembang Kec. Payaraman Kab. Ogan Ilir. Data sekunder berdasarkan dari buku-buku, karya ilmiah, jurnal yang berkaitan dengan yang diteliti. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditarik sebuh kesimpulan bahwa pelaksanaan pengobatan alternatif Pak Ridi ini terdiri dari beberapa hal yaitu, untuk menyembuhkan seseorang yang berobat dengan Pak Ridi yaitu dengan mengambil air di dalam botol kemudian air tersebut dibacakan doa, pasien diintruksikan untuk duduk tenang, kemudian Pak Ridi berwudhu bertujuan untuk mensucikan diri dan meningkatkan konsentrasi, berdo’a kepada Allah SWT, membaca Istigfar sebanyak tiga kali, membaca Syahadat bertujuan untuk membersihkan segala sesuatu dari hal-hal yang berbau kemusyikan, membaca sholawat nabi Muhammad, membaca Al-fatihah, dan yang terakhir air yang dijampikan harus diminum sampai airnya habis, supaya pengobatan yang sudah dilakukan tidak sia-sia dan mendapatkan hasil yang diinginkan yaitu kesembuhan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi sikap masyarakat dalam memilih pengobatan alternatif yaitu faktor ekonomi, faktor budaya, faktor psikologis, faktor pribadi masyarakat, faktor sosial, dan faktor pengetahuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: MIA LESTARI 1830301041
Date Deposited: 16 Dec 2022 01:16
Last Modified: 20 Oct 2023 01:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24091

Actions (login required)

View Item View Item