HAD SARIQAH PADA TINDAK PIDANA PENCURIAN LAMPU JALAN LED JEMBATAN MUSI IV PALEMBANG (STUDI KASUS DI KEPOLISIAN RESOR KOTA BESAR PALEMBANG)

Cuherminisa, Zhalsya Putri Anean (2022) HAD SARIQAH PADA TINDAK PIDANA PENCURIAN LAMPU JALAN LED JEMBATAN MUSI IV PALEMBANG (STUDI KASUS DI KEPOLISIAN RESOR KOTA BESAR PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZHALSYA PUTRI AC ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengambil objek tindak pidana pencurian lampu jalan LED di Jembatan Musi IV Palembang, permasalahan yang diteliti ialah bagaimana Had Sariqah menjelaskan pencurian yang dalam hukum positif Indoensia diancam dengan Pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara kepada pihak-pihak terkait, terutama kepada Kepolisian Resor Kota Besar Palembang. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kejahatan tindak pidana pencurian lampu jalan LED di Jembatan Musi IV Kota Palembang dan untuk mengetahui analisis Had Sariqah pada tindak pidana pencurian lampu jalan LED di Jembatan Musi IV Kota Palembang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi pencurian lampu LED Jembatan Musi IV Palembang di karenakan budaya masyarakat yang tidak mempunyai rasa memiliki terhadap fasilitas umum, pihak Kepolisian sebagai aparat keamanan ketertiban masyarakat (Kamtipmas) telah berusaha melakukan tindakan penyidikan terhadap lampu LED Jembatan Musi IV Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa had sariqah pada tindak pidana pencurian ini yang mana telah dilakukan oleh Polrestabes Palembang terdapat pada pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian berupa ancaman pidana paling lama 7 tahun. Adapun jika ditinjau dalam hukum pidana Islam yang mana terdapat pada hukuman had yaitu sanksi yang telah ditentukan dari segi bentuk dan ukuran karena Allah, yang hukumannya potong tangan tetapi hukuman ini yang identik dengan potong tangan bisa digantikan dengan ganti rugi sesuai dengan harga barang yang ia curi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: ZHALSYA PUTRI ANEAN. C 1820103160
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:55
Last Modified: 26 Dec 2022 01:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24297

Actions (login required)

View Item View Item