PENGARUH RELIGIUSITAS DAN LITEERASI PRODUK PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP PALEMBANG SUDIRMAN

Dewi, Rima Tungga (2022) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN LITEERASI PRODUK PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP PALEMBANG SUDIRMAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover-1.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK RIMA.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
BAB I - V RIMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA RIMA.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rima Tungga Dewi 1810603042 Secara umum keputusan para nasabah untuk menabung bergantung pada produk tabungannya tersebut sesuai atau tidak dengan kebutuhan mereka saat ini. Tingkat keyakinan atau religiusitas dapat digunakan sebagai faktor yang dapat meningkatkan keputusan nasabah. Edukasi dan literasi produk bank syariah keuangan merupakan hal yang sangat penting dipahami dan dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat pada zaman modern ini. Minat masyarakat untuk memilih suatu produk bank syariah atau menjadikan bank syariah sebagai tempat bertransaksi keuangan umumnya dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap produk yang dipasarkan oleh lembaga keuangan khususnya perbankan syariah yang menyebabkan mereka bersikap menggunakan produk tersebut. Tujuan dalam dilaksanakan penelitian tersebut untuk mengetahui pengaruh dari Religiusitas dan Literasi Produk Perbankan Syariah terhadap Keputusan Menabung dengan Minat sebagai Variabel Intervening pada Bank Syariah Indonesia KCP Palembang Sudirman. Penelitian tersebut merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Palembang yang bertepatan di Kecamatan Alang – alang Lebar sebanyak 112 orang. Analisis yang digunakan adalah uji instrument (uji reliabilitas dan validitas), uji asumsi klasik (multikolineritas, heterokedastisitas, normalitas serta linearitas), uji statistic (T test, F serta koefisien determinasi (R^2) ) dan uji path analysis. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS version 23. Penelitian tersebut menjelaskan variabel Religiusitas tidak memberikan berpengaruh terhadap Keputusan Menabung. Dengan hasil nilai thitung 1,380 < ttabel 1,981 dengan nilai signifikansinya sebesar 0,170 > 0,05. Literasi Produk Perbankan Syariah tidak berpengaruh terhadap Keputusan Menabung, dibuktikan dengan nilai thitung 1,520 < ttabel 1,981 dengan nilai signifikansinya sebesar 0,131 > 0,05. Minat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menabung, dibuktikan dengan nilai thitung 3,023 > ttabel 1,981 dengan nilai signifikansinya sebesar 0,003 < 0,05. Religiusitas dan literasai keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung, dibuktikan dengan nilai Fhitung 19,668 > Ftabel 2,45 dengan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Minat mampu memediasi antara religiusitas terhadap keputusan menabung. Minat mampu memediasi antara literasi produk perbankan terhadap keputusan menabung. Kata Kunci : Religiusitas, Literasi Produk Perbankan Syariah, Keputusan Menabung dan Minat

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Literasi Produk Perbankan Syariah, Keputusan Menabung dan Minat
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: RIMA TUNGGA DEWI 1810603042
Date Deposited: 28 Dec 2022 01:28
Last Modified: 28 Dec 2022 01:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24330

Actions (login required)

View Item View Item