FENOMENA PENGGUNAAN WHATSAPP TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA DI DESA MEKAR JAYA KECAMATAN KELUANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN

MEGA ZUA ILZANAH DAHMAYAN, MEGA (2023) FENOMENA PENGGUNAAN WHATSAPP TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA DI DESA MEKAR JAYA KECAMATAN KELUANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Mega Zua 1830301038.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Fenomena Penggunaan WhatsApp terhadap Perilaku Keagamaan Remaja di Desa Mekar Jaya Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin”. Fenomena merupakan sebuah peristiwa atau kejadian yang bisa dirasakan dengan penglihatan manusia melalui pengamatan untuk mengartikan bagian dari kehidupan manusia. Media sosial WhatsApp merupakan aplikasi pesan, pemanfaatn WhatsApp digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh dengan sesama pengguna. Aplikasi tersebut telah memiliki perkembangan yang pesat sekarang, karena sudah banyak pengunduh aplikasi WhatsApp. Maka hal tersebut dapat memberikan dampak positif dan negatif serta bisa berdampak pada keseharian manusia khususnya dikehidupan beragama. Dengan adanya media internet khususnya media sosial berdampak terhadap perilaku remaja bukan hanya keagamaan saja namun juga memperlihatkan bagaimana cara mereka dalam bergaul. Berdasarkan dari uraian tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Peneliti melakukan dua rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana penggunaan WhatsApp sebagai pusat alat komunikasi remaja di Desa Mekar Jaya Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin ,dan bagaimana fenomena perilaku keagamaan remaja di Desa Mekar Jaya Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin dalam WhatsApp?, tujuannya untuk mengetahui bagaimana penggunaan WhatsApp sebagai pusat alat komunikasi remaja di Desa Mekar Jaya Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin dan bagaimana fenomena perilaku keagamaan remaja dalam menggunakan WhatsApp tersebut. Manfaat penelitian ini bisa memberikan dampak positif terutama pada mata kuliyah fenomenologi agama, sosiologi agama, dan ilmu akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Lalu untuk jenis data yang digunakan yaitu kualitatif , yang bisa menjelaskan gambaran dengan akurat tentang fenomena yang sedang diteliti berdasarkan fakta-fakta yang terlihat atau sebagaimana adanya, terdapat dua sumber data yang diperlukan, untuk sumber data primer penelitian yaitu dari remaja dan warga setempat. Lalu untuk sumber data sekunder berupa jurnal, kepustakaan, buku, penelitian terdahulu, dan lain sebagainya. Teknik pengumpulannya dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya berupa reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yang ditemukan yaitu WhatsApp dapat mempengaruhi perilaku keagamaan remaja, karena dengan sering menggunakannya membuat remaja malas, WhatsApp dijadikan sebagai media untuk pamer, namun masih ada beberapa remaja yang memanfaatkan WhatsApp dengan baik, seperti mengirim tugas, silatuhrahmi dengan saudara dan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Whatsapp, Perilaku, Remaja
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: MEGA ZUA ILZANAH DAHMAYAN 1830301038
Date Deposited: 06 Jan 2023 08:40
Last Modified: 06 Jan 2023 08:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24462

Actions (login required)

View Item View Item